Damkar Parepare Kerja Sama Basarnas Gelar Pelatihan Penyelamatan dan Evakuasi

oleh
oleh
Damkar Parepare Kerja Sama Basarnas Gelar Pelatihan Penyelamatan dan Evakuasi

MACCANEWS.com, PAREPARE–Dinas Pemadam Kebakaran (Disdamkar) dan Penyelamatan Kota Parepare gelar pelatihan Penyelamatan dan Evakuasi Korban, di Mako Damkar Jalan Ganggawa, Kelurahan Ujung Sabbang, Kecamatan Ujung Kota Parepare Sulawesi Selatan.

Sebagai pemateri, Badan SAR Nasional (Basarnas) Kota Parepare, memberikan pelatihan tentang bagaimana cara melakukan penyelamatan dan mengevakuasi korban, di medan ketinggian, yaitu Vertical Rescue.

Komandan Basarnas Pos Parepare, Dadang Tarkas yang merupakan pemateri dalam kegiatan pelatihan penyelamatan dan evakuasi korban menjelaskan, ada beberapa materi yang diberikan kepada Disdamkar Parepare, salah satunya yaitu pengenalan peralatan.

” Ada beberapa materi yang kami berikan, yaitu adalah bagaimana cara pengenalan peralatan. Teman-teman damkar harus tahu apa itu peralatan yang akan digunakan saat main di Vertical, “jelasnya.

Selain itu Dadang Tarkas menambahkan, selain dari pengenalan peralatan. Ia juga memberikan materi dengan bagaimana cara menggunakan alat tersebut.

” Kegunaan alat ini juga wajib diketahui. Sehingga pelaksanaan kegiatan yang akan kita laksanakan, bisa dipergunakan alat tersebut dengan baik dan benar, “ujarnya.

Kepala Bidang Evakuasi dan Penanggulangan Kebakaran, Syafruddin Sjam mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dengan Basarnas sebagai pemateri.

” Selama ini personil damkar belum pernah menangani penyelamatan di medan ketinggian, seperti gedung. Makanya kami kerja sama dengan Basarnas sebagai pemateri, “ujar Kabid dengan sapaan Pallung usai pelatihan.

Selain itu Pallung menjelaskan, Disdamkar Parepare kini membuat Inovasi Unit Reaksi Cepat (URC), dalam melakukan Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan.

Sementara, Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare, Wahidin Syanur mengungkapkan, pelatihan ini tujuannya untuk meningkatkan skill personel, khususnya personil yang tergabung dalam URC, dan juga membangun sinergitas dengan Basarnas Kota Parepare.

” Pelatihan ini merupakan pelatihan dasar, jadi selain meningkatkan skill personel di Disdamkar, khususnya di bidang penyelamatan. Tujuannya juga untuk membangun sinergitas dengan Basarnas, “ucap Kasi Penyelamatan dan Evakuasi Korban Damkar Parepare.(*)

The post Damkar Parepare Kerja Sama Basarnas Gelar Pelatihan Penyelamatan dan Evakuasi appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.