Gaungkan Bebas TB, Ketua Forum TB Makassar Tekankan Kesiapan Puskesmas

oleh
Ketua Forum TB Makassar Indira Yusuf Ismail saat audience bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Andi Hadijah Iriani R dan team forum TB kota Makassar, di Rumah Jabatan Walikota Makassar, Rabu (25/08/2021).

Macca.news – Mewujudkan Kota Makassar bebas TB dibutuhkan kerjasama semua kalangan, serta kesiapan puskesmas se Kota Makassar.

Hal ini diungkapkan Ketua Forum TB Makassar Indira Yusuf Ismail saat audience bersama Plt Kepala Dinas Kesehatan dr Andi Hadijah Iriani R dan team forum TB kota Makassar, di Rumah Jabatan Walikota Makassar, Rabu (25/08/2021).

“Makassar memiliki 47 puskesmas, dan setiap puskesmas harus memiliki kesiapan menangani pasien TB. Standar pelayanan kesehatan masyarakat harus berada di puskesmas sebagai garda terdepan,” ujarnya.

TB atau tuberkulosis merupakan penyakit yang berbahaya sehingga dibutuhkan kerjasama seluruh pihak untuk bersama menggaungkan Makassar bebas TB.

“Hal yang utama yakni gaungnya harus mampu menggerakkan hati masyarakat, melalui edukasi diharapakan mampu meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga dan menjalani hidup sehat,” lanjutnya.

Untuk itu, Indira Yusuf Ismail pun meminta dukungan dari berbagai unsur seperti dari media, akademisi, pemerintahan, maupun dari komunitas-komunitas.

“Dengan kesadaran bersama, mari merdekakan kota dan anak kita dari penyakit tuberkulosis, putuskan rantai penularannya, dengan menemukan pasien, serta mengobati hingga sembuh,” lanjutnya.

Dalam upaya pembebasan kota Makassar dari TB, Forum Bebas TB Makassar juga akan didukung oleh USAID, guna percepatan program penuntasan TB di Kota Makassar.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.