Lelang Jabatan Pj Rudy Dipaksakan, Pakar: Peserta Lelang Akan Merugi

oleh
Lelang Jabatan Pj Rudy Dipaksakan, Pakar: Peserta Lelang Akan Merugi

MACCANEWS – Beredarnya surat pemberitahuan lelang jabatan yang akan dilakukan oleh Pj Walikota Rudy Djamaluddin, pakar hukum Tata Negara Prof. Amiruddin Ilmar menilai ada keganjalan waktu pelaksanaan lelang.

Prof. Ilmar mengungkapkan, bahwa jika melihat kembali pernyataan KASN yang tidak mengeluarkan rekomendasi saat Pj Rudy mengajukan permohonan Lelang Jabatan, jelas KASN telah menahan keinginan Pj Rudy.

“Kan pernah KASN tahan rekomendasi Pj Rudy soal lelang jabatan, bahkan dipertegas di situ, bahwa tidak boleh melakukan atau melaksanakan pergantian pejabat 6 bulan sebelum dan sesudah pilkada, apalagi sekrang sudah ada Walikota terpilih, jelas di situ penegasannya, ” kata Prof. Ilmar, jum’at (5/2/2021)

Kalau sekarang rekomendasi turun, itu berarti KASN sudah memberikan restu. Tapi lanjut Prof. Ilmar, jika kita tinjau surat pemberitahuan lelang jabatan itu, ada yang janggal.

“Masa waktu lelangnya hanya enam hari, padahal untuk menentukan hasil yang profesional itu menghabiskan waktu cukup lama, itu sekira satu bulan pasalnya banyak tahapan yang harus dilewati, kalau hanya seminggu, sangat terkesan dipaksakan oleh Pj Rudy dan targetnya sebelum Danny – Fatma dilantik lelang jabatannya selesai, ” ungkap Prof. Ilmar.

Prof.Ilmar yang juga masuk bergabung dalam Tim Transisi Walikota dan Wakil Walikota terpilih Danny – Fatma saat dimintai tanggapan terkait lelang jabatan yang akan dilakukan oleh Pj Rudy mengatakan, bahwa ketika surat Rekomendasi untuk pelaksanaan Lelang Jabatan dari Kemendagri sudah turun, maka tentu itu bisa dilaksanakan.

“Kalau Kemendagri memang resmi mengeluarkan surat rekomendasi berarti itu pertanda jadi akan dilaksanakan. Bagi Danny – Fatma itu tidak jadi soal, Danny – Fatma kan nantinya punya kewenangan menilai hasil lelangnya setelah dilantik, apakah hasil lelangnya layak atau tidak masuk dalam kabinet Danny – Fatma, nanti kita akan lihat, ” tutur Prof.Ilmar.

Tapi ketika tidak layak sambung Prof. Ilmar maka yang akan merugi adalah ASN yang mendaftar dan dinyatakan lolos lelang versi Pj Rudy. Apalagi sebentar lagi Danny – Fatma akan dilantik sebagai Walikota dan Wakil Walikota Makassar, kunci Prof. Ilmar.(*)

The post Lelang Jabatan Pj Rudy Dipaksakan, Pakar: Peserta Lelang Akan Merugi appeared first on Maccanews.