Tebar CTPS, Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju Sasar Pesantren di Majene

oleh
Tebar CTPS, Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju Sasar Pesantren di Majene

MACCANEWS – Sebagai rangkaian upaya penanggulangan penularan virus corona, Kementerian Kesehatan melalui Poltekkes Kemenkes Mamuju kembali melakukan aksi sosialisasi dan tebar Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS).

Sebelumnya telah berlangsung kegiatan serupa di Kabupaten Polewali Mandar, Mamasa, Pasangkayu, dan Mamuju Tengah dengan sasaran pada instistusi formal maupun non formal seperti Yayasan, Panti Asuhan, pesantren, tempat-tempat ibadah, PAUD dan PKK.

Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju menyasar pesantren di Majene. Kehadiran rombongan Poltekkes Kemenkes Mamuju disambut antusias oleh pengelola Pondok Pesantren Ihyaul ‘Ulum DDI Baruga.

Selama proses sosialisasi berlangsung nampak para santri dan santriwati menyimak pemaparan yang disampaikan oleh perwakilan dosen dan staf kepegawaian Jurusan Kebidanan.

Rafiqa mewakili pimpinan pondok pesantren Ihyaul ‘Ulum DDI Baruga memberikan apresiasi yang besar kepada pihak Poltekkes karena telah meluangkan waktu untuk mengunjungi pesantren. Beliau berharap informasi yang disampaikan terkait CTPS dapat memberikan manfaaf bagi anak-anak didiknya.

Pada hari yang sama, Jurusan Kebidanan juga mengunjungi Pondok Pesantren Darul Ulum Al Asy’Arriyah Syekh KH. Muh Shaleh. Tak jauh bebeda dari kondisi sebelumnya, ratusan santri di pondok ini mengikuti proses sosialisasi dengan perasaan gembira. 7 Langkah Cuci Tangan Pakai Sabun yang benar sesuai dengan anjuran Kementerian Kesehatan, diperagakan langsung oleh dosen jurusan kebidanan. Kegiatan ini mendapat sambutan meriah dari para santri.

Pimpinan pondok pesantren Darul Ulum Al Asy’Arriyah Syekh KH. Muh Shaleh, KH. Muh. Ilham Shaleh yang turut langsung menyaksikan sosialisasi CTPS ini juga tidak mau kalah. Nampak Kyai Saleh menggerak-gerakkan tangan mengikuti gerakan peragaan CTPS dari perwakilan dosen Poltekkes Kemenkes Mamuju.

“Ayo nak berdiri,” imbauan KH Muh Saleh kepada santrinya untuk mempraktekkan gerakan cuci tangan pakai sabun.

Sementara itu, Ketua Jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju, dr. Ahmady mengucapkan terima kasih kepada pihak pesantren yang telah meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Dirinya berharap kegiatan ini dapat menjadi pemicu agar pihak pesantren kembali menggalakkan gerakan CTPS walaupun sebenarnya menurut beliau, hal tersebut sudah berjalan, tinggal dilanjutkan secara kontinu.

Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan penyerahan paket CPTS kepada pihak pesantren, kemudian dilanjutkan dengan praktek CTPS oleh masing-masing santri. Para santri dengan didampingi Tim Pengabmas Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju mempraktekkan secara langsung cara mencuci tangan yang benar di tempat wudhu pesantren (*).

The post Tebar CTPS, Kebidanan Poltekkes Kemenkes Mamuju Sasar Pesantren di Majene appeared first on Maccanews.