Dinas Kesehatan Sulsel Bimtek dan Monev Stunting di Selayar

oleh
Dinas Kesehatan Sulsel Bimtek dan Monev Stunting di Selayar

MACCANEWS – Kabupaten Selayar termasuk urutan ketiga terbesar angka prevalensi stunting (tubuh kerdil) tingkat Provinsi Sulsel yaitu sekitar 46,0% pada tahun 2018.

Wilayah ini termasuk lokus prioritas intervensi percepatan yang dipetakan oleh Kemenkes RI berdasarkan Analisa situasi yang menggunakan berbagai macam metode. Untuk mempercepat penurunan angka stunting, Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah mencanangkan program Gammara’NA suatu gerakan masyarakat mencegah dan menanggulangi stunting melalui pendampingan keluarga 1000 HPK yang berada di desa bagi 11 kab/kota prioritas, termasuk Selayar.

Guna mengoptimalkan pendampingan gizi untuk penurunan stunting di Selayar, Dinas Kesehatan Sulsel bersama tim percepatan penanganan stunting berkunjung ke desa lokus di Kabupaten Selayar pada 2-4 Desember 2020 dalam rangka memberikan bimbingan teknis kepada konselor gizi berkaitan dengan kebutuhan atau permasalahan yang dihadapi selama proses pendampingan berjalan.

Selain itu, kunjungan lapangan ini diarahkan secara khusus mengamati kemajuan-kemajuan yang sudah diperoleh sebagai bahan perbaikan program Gammara’NA kedepan.

Kunjungan desa lokus di Kabupaten Selayar dilakukan di dua desa yaitu Desa Bontosunggu dan desa Bontoborusu Kegiatan yang dilakukan pada kunjungan ini adalah dialog bersama dengan konselor gizi, kepala desa, dan tokoh masyarakat serta keluarga 1000 HPK.

Kabid Kesmas Dinkes Sulsel, H Moh Husni Thamrin SKM Mkes menekankan keberlanjutan pendampingan kaitannya dengan perubahan yang sudah diperoleh saat ini.

Husni Thamrin menyatakan, perubahan yang ada saat ini masih bersifat sementara dan membutuhkan intervensi berkelanjutan untuk menghasilkan perubahan perilaku permanen.

“Pemerintah akan berupaya semaksimal mungkin, agar program Gammara’NA ini dapat terus dilanjutkan minimal satu tahun ke depan supaya perubahan yang ada menjadi bermakna dalam menurunkan angka stunting,” ucap Husni Thamrin, baru-baru ini.

Pada kunjungan ini, Tim Percepatan Stunting yang ikut ke lapangan adalah Prof. Arlin Adam, Dr. Andi Alim, SKM, M. Kes, Ahmad Ismail, S. KM., M. Kes, Haruna Inar, B.Sc dan Muhammad Nasir, S.KM., M. Kes

Menurut Prof. Arlin Adam keberadaan konselor gizi di desa secara nyata terbukti mampu meningkatkan kesadaran keluarga 1000 HPK dan mendorong keterlibatan lintas sektor di desa untuk aktif menangani stunting.

Ia menekankan pendekatan komunikasi konseling berorientasi klien/masyarakat. Konselor mestilah memosisikan dirinya sebagai fasilitator yang memberi kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat mengungkapkan masalahnya dan menemukan solusi menurut kemampuan masyarakat.

Secara teknis, Dr. Andi Alim memberikan arahan agar konselor menggunakan catatan untuk memantau perkembangan perilaku masyarakat setiap selesai dikonseling agar menjadi dasar untuk pengembangan materi konseling pada kunjungan berikutnya.

The post Dinas Kesehatan Sulsel Bimtek dan Monev Stunting di Selayar appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.