Peduli Kearifan Lokal, Alasan Budayawan Ini Dukung Nico-Victor

oleh
Peduli Kearifan Lokal, Alasan Budayawan Ini Dukung Nico-Victor

MAKALE – Perhatian Cabup-Cawabup incumbent, Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara (Nico-Victor), terhadap kearifan lokal Toraja menjadi perhatian banyak pihak.

Salah satunya, budayawan Sismay Eliata Tulungallo. Menurut Sismay, Nico-Victor adalah tandem yang pas karena selama menjabat Bupati-Wakil Bupati Tana Toraja, selalu kompak dalam memperjuangkan dan mempertahankan budaya Toraja

Selain karena kompak menggunakan pakaian adat dalam tugas, keduanya juga tak pernah mengabaikan kelompok minoritas. Semua kelompok diperlakukan sama.

“Lihat saja saat acara budaya Aluk Todolo. Mereka membuatkan acara khusus. Mereka bahkan berbaur di dalamnya. Kita tahu budaya Aluk Todolo adalah budaya asal usul orang Toraja,” jelas Sismay yang dulunya berprofesi sebagai pemandu wisata ini.

Menurut Sismay, tiga figur yang bertarung di Pilkada Toraja ini adalah putra terbaik Toraja.

“Tapi saya pilih yang terbaik dan yang pas memimpin Tana Toraja. Dan yang terbaik adalah Pak Nico dan Pak Victor. Apa yang dilakukan mereka berdua selama ini sudah sangat baik. Sehingga perlu kita dukung untuk melanjutkan apa yang sudah baik,” katanya.

Sismay juga menyebut figur Nico-Victor adalah pasangan yang mudah diterima di mana saja, karena ramah dan perhatian terhadap seluruh elemen masyarakat.

“Kita akui tak ada orang yang sempurna. Satu periode Pak Nico-Victor ini sudah baik. Sesuai dengan tagline Toraya Maelo. Toraja Baik. Supaya lebih baik lagi, kita perlu kasih kesempatan untuk melanjutkan apa yang sudah baik selama ini dilakukan mereka berdua,” pungkasnya.(*)

The post Peduli Kearifan Lokal, Alasan Budayawan Ini Dukung Nico-Victor appeared first on Maccanews.