Melalui Metode TCM, RSUD Andi Makassau Bisa Tes Covid-19

oleh
Melalui Metode TCM, RSUD Andi Makassau Bisa Tes Covid-19

MACCANEWS.COM, PAREPARE– Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Andi Makassau, Kota Parepare menjadi salah satu tempat pemeriksaan virus Corona dengan menggunakan mesin tes cepat molekuler (TCM) di Sulsel.

Direktur RSUD Andi Makkasau, Renny Angraeny Sari, menjelaskan rumah sakit ini sudah bisa melakukan tes cepat molekuler hasilnya bisa diketahui dalam 51 – 60 menit.

“Pemeriksaan ini untuk satu pemeriksaan membutuhkan waktu sekitar 51 menit, dan satu kali running bisa empat sampel diperiksa,” kata Renny.

Lanjutnya, sejak hari Jumat, 15 Mei telah menerima 60 catridge sebagai tahap awal diperuntukan bagi pasien PDP. Sejauh ini sebanyak 11 PDP telah diperiksa.

“Rumah Sakit Andi Makkasau sejak hari Jumat kemarin, kami sudah menerima catridge terus kami melakukan persiapan dan uji coba. Sejak hari Minggu tanggal 17 Mei, kami sudah melakukan pemeriksaan pertama,” jelasnya Renny Anggraeni.

Diketahui, dengan metode TCM, pemeriksaan akan menggunakan antigen. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Dari tes ini akan mengidentifikasi RNA pada virus corona pada mesin yang menggunakan cartridge khusus yang bisa mendeteksi virus corona.
Hasilnya dapat diketahui untuk menentukan pasien positif maupun negatif.

“Untuk Swab karena kami harus kirim ke Makassar pengalaman kami sekitar 4-5 hari baru ada hasilnya. Jadi tunggu hasil itu yang akan lama,” jelasnya.

Pemeriksaan TCM ini dilakukan bagi pemeriksaan di Rumah Sakit Andi Makkasau, baik pasien dari dalam dan luar dan menunjang dari pasien dari daerah lain.(7ar)

The post Melalui Metode TCM, RSUD Andi Makassau Bisa Tes Covid-19 appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.