Dandim 1411 Bulukumba Tinjau Posko Siaga Covid 19

oleh
Dandim 1411 Bulukumba Tinjau Posko Siaga Covid 19

 

MACCANEWS. Bulukumba.- Mengantisipasi penyebaran virus corona, Komandan Kodim 1411/Blk, Letkol Arm Joko Triyanto, S. Pd. didampingi. Komandan Unit Intel Letda Inf. Syahrir Burhan, Sabtu (11/4) meninjau Posko Siaga Covid-19 dalam wilayah Kabupaten Bulukumba.

Peninjauan tersebut sekaligus mengecek personel Posko dan kesiapannya dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Dilaporkan, posko yang ditinjau, antara lain Dandim 1411/Blk Letkol.Arm.Joko Triyanto yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas penanganan Covid 19 Kabupaten Bulukumba diantaranya,
Posko Borong Rappoa, Kecamatan Kindang,
Posko Desa Benteng Malewang Kecamatan Gantarang, Posko Perbatasan Bantaeng Bulukumba Kel. Kalamassan Kec Gantarang dan Posko Siaga PSC Covid Jl. Jend A. Yani Kel. Caile Bulukumba.

Pada kesempatan itu Dandim 1411/Blk meminta kepada seluruh Babinsa agar memantau dan melaporkan apabila di wilayahnya ada atau yang diduga terpapar Covid-19, untuk ditindaklanjuti sesuai dengan SOP untuk dirujuk ke rumah sakit yang ditunjuk oleh pemerintah daerah.

Sementara itu, tim medis yang ada di setiap Posko menyampaikan bahwa pencegahan, penanganan/pemeriksaan awal di puskesmas adalah untuk penanganan secara dini terhadap penderita Covid-19, selanjutnya bisa berkoordinasi langsung ke Posko untuk pelaksanaan/penindakan selanjutnya.

Dandim 1411/Blk Letkol.Arm.Joko berharap agar warga tidak usah panik, khawatir atau takut tentang wabah virus Corona (Covid-19) di wilayah Bulukumba, namun pencegahannya dapat dilakukan dengan cara rutin mencuci tangan dengan air dan sabun atau alkohol-based hand rub.

Yaitu pertama cuci bagian telapak, punggung tangan, sela-sela jari, kuku, dan jari-jari tangan, Kedua hindari menyentuh mata, hidung dan mulut, hindari kontak dengan hewan yang sakit atau produk makanan (daging) yang tercemar.

Ketiga saat batuk dan bersin, tutup mulut dan hidung dengan lengan bagian dalam atau tisu, segera buang tisu dan segera cuci tangan. Dan Keempat Direkomendasikan bagi yang sedang sakit untuk selalu menggunakan masker selama kegiatan.

” Sosialisasi ini, diharapkan Bulukumba sudah siap menghadapi pandemi virus corona atau Covid-19. Kesiapan itu sudah sesuai standar badan kesehatan dunia atau WHO. ( * Suaedy )

The post Dandim 1411 Bulukumba Tinjau Posko Siaga Covid 19 appeared first on Maccanews.