Minta Tutup Paksa, Pejabat Pemkot Makassar Nilai Ketua Ormas BMI Tak Tau Aturan

oleh
Minta Tutup Paksa, Pejabat Pemkot Makassar Nilai Ketua Ormas BMI Tak Tau Aturan

MACCANEWS – Brigade Muslim Indonesia (BMI), Sulawesi Selatan, kali ini mendapat semprot dari Pejabat teras Pemerintah Kota Makassar.

“Menindak usaha orang itu punya prosedur, orang itu Zul (Ketua BMI) tidak paham aturan, makanya kami beri pemahaman,” ujar Asisten I Pemkot Makassar, M Sabri di Balaikota, Selasa (28/1/2020)

Diketahui, Zulkarnain akrab disapa Zul diduga sering chat pribadi dengan Pj Wali Kota, terkait dugaan pelanggaran penjualan miras oleh Cafe Vinest di Trans Studio Mal.

Zul mendesak Pemkot Makassar dalam hal ini, Dinas Perdagangan dan Satpol PP untuk menutup dan melakukan penertiban terhadap penjualan miras yang diduga melewati ambang batas sesuai amanah perda Kota Makassar.

Tak ayal, aspirasi BMI terhadap dugaan penjualan miras tersebut, membuat sejumlah pejabat teras pemkot rapat mendadak.

“Kita ini negara hukum. Kamu ini (Zul) jangan cuma Watshap, jangan teriak-teriak tutup, lalu tidak prosedural, coba datang baik-baik bersurat, karena kami ini pemerintah cuma menjalankan aturan,” tambah Kasatpol PP Kota Makassar, Imam Hud.

Imam mengatakan, penutupan usaha tidak serta merta dilakukan, karena menyangkut dengan perizinan dan pengawasan.

“Penindakan itu tidak boleh grasa-grusu, kalau orang punya izin resmi, masa langsung kita mau tutup, ini butuh proses,” papar Imam.

Di tempat yang sama, Kadisperindag Kota Makassar, Andi Muh Yasir, mengaku telah melakukan penindakan sesuai dengan mekanisme yang ada.

“Kita sudah lakukan teguran, kita hanya menindaklanjuti perintah wali kota. Jadi, teguran pertama, kedua dan ketiga tidak diindahkan baru kita turun dengan SKPD untuk menertibkan,” kata M Yasir.

Dari pantauan, sejumlah pejabat Pemkot sempat bersitegang dengan Zul, M Sabri, Imam Hud, dan M Yasir, sempat berkomunikasi langsung via telepon seluler dengan Ketua BMI.

Ketegangan berakhir usai Sabri mengundang Zul untul datang langsung ke Balaikota menemuinya. “Ke siniki’ pak Zul, kita bicara, saya tungguki bos,” tutup Sabri. (Ray)

The post Minta Tutup Paksa, Pejabat Pemkot Makassar Nilai Ketua Ormas BMI Tak Tau Aturan appeared first on Maccanews.