Pemerintahan Kabupaten Enrekang Berbau Dinasti dan Korupsi, LIRA Sulsel Tanggapi Gaya Kepemimpinan Muslimin Bando

oleh

MACCA.NEWS- Banyaknya isu korupsi di kabupaten Enrekang dan bahkan adanya kasus yang tinggal menunggu penetapan tersangka dari pihak Kejaksaan Tinggi Sulawesi Selatan (Kejati Sulsel), membuat Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Sulsel angkat bicara.

Hanya di kepemimpinan Kabupaten Enrekang dibawa kepemimpinan Bupati, Muslimin Bando, kabupaten Enrekang dipenuhi indikasi korupsi dan gaya pemerintahan yang berbau dinasti.

“Kalau saya, bukan soal instannya dikuasai keluarga Muslimin Bando sebagai Bupati, tapi soal dia paham atau tidak terkait tata kelola pemerintahan. Nah saya melihat keluarga dekat Bupati kabupaten Enrekang tidak memahami tata kelola pemerintahan,” kata sekertaris Provinsi LIRA Sulsel, Ahmad Nur, Rabu (20/11/2019).

Ahmad Nur menjelaskan seharusnya Bupati Enrekang, Muslimin Bando harus memahami tata kelola pemerintahan buang benar dan yang betul-betul memahami kebutuhan masyarakat.

“Kalau dia paham soal tata kelola pemerintahan, pasti tahu soal penempatan struktur, termasuk penempatan yang berkapasitas di semua instansi. Seperti Direktur Perusahaan Daerah (PDAM) yang masih dijabat adik kandung, Muslimin Bando. Jembatan Direktur PDAM saat ini harus di lelang, sebab masa jabatannya telah berakhir,” sebutnya

“Kalau punya kapasitas sih, tidak ada masalah, tapi kalau dasarnya karena kedekatan emosional atau faktor keluarga, harus ditinjau ulang. Sebab, Perusda ini harus dikelola oleh orang yang punya pengalaman, minimal paham soal pengelolaan perusahaan,” ujar Ahmad Nur.

LIRA Sulsel mengajak seluruh elemen masyarakat kabupaten Enrekang untuk mengambil peran mengawasi jalannya pemerintahan dibawa kepemimpinan Bupati, Muslimin Bando.

Lira Sulsel berharap kepada seluruh masyarakat Enrekang untuk sama-sama mengawal pemerintahan. Masyarakat harus punya peran dalam mengawasi dan mengevaluasi pemerintahan setempat, sebab jika betul ada indikasi korupsi dalam pengelolaan daerah, masyarakat setempatlah yang paling dirugikan,” tutup Ahmad Nur. (*)

The post Pemerintahan Kabupaten Enrekang Berbau Dinasti dan Korupsi, LIRA Sulsel Tanggapi Gaya Kepemimpinan Muslimin Bando appeared first on Maccanews.