Langgar Undang-Undang, Saudara Bupati Enrekang Jadi Direktur PDAM Perkuat Dinasti dan Lahan Korupsi

oleh
Langgar Undang-Undang, Saudara Bupati Enrekang Jadi Direktur PDAM Perkuat Dinasti dan Lahan Korupsi

MACCA.NEWS- Pemrintah kabupaten Enrekang dibawa kepemimpinan Bupati, Muslimin Bando melanggar undang-undang. Hal ini memperlihatkan kepemimpinan yang rawan korupsi dengan cara memperkuat Dinastinya di pemerintahannya.

Salah satu contoh Direktur umum PDAM Tirta Maupun kabupaten Enrekang dijabat oleh saudara kandung Bupati yakni, Halifa Bando. Dalam undang-undang yang berlaku pimpinan Perusahaan milik Neegara atau daerah tidak diperbolehkan dijabat keluarga terdekat oleh Bupati yang biasa disebut kepala daerah.

“Bupati Enrekang sudah beberapa kali melanggar undang-undang. Ini harus menjadi perhatian khusus pemerintah pusat untuk menegur Bupati Enrekang. Kok Pimpinan Perusahaan daerah (PDAM) dijabat langsung saudara kandung Bupati, (Halifa Bando),” kata Pemuda pemerhati pemerintahan Kabupaten Enrekang, Ridwan, Rabu (6/11/2019).

Ridwan menjelaskan jika masa jabatan Halifa Bando sebagai pimpinan perusahaan daerah PDAM Tirta Maspul sudah berakhir pada, Agustus 2019 lalu. Akan tetapi pemerintahan Kabupaten Enrekang tetap melanggar undang-undang yang mana memperpanjang masa tugas, Halifa Bando. Seharusnya penentuan posisi direktur PDAM kembali dilelang atau diseleksi ulang.

“Masa jabatan Halifa Bando sebagai pimpinan PDAM sudah berakhir pada Agustus tahun 2019 kemari. Kenapa ada justru diperpanjang?.  Seharusnya jabatan direktur PDAM dilelang ulang. Bukan memperpanjang masa tugasnya. Ini rawan korupsi atau boleh jadi kurang puas korupsi,” sesal Ridwan.

Ridwan berharap pemerintahan pusat segera memberikan sanksi tegas kepada pemerintahan Kabupaten Enrekang, yang telah banyak melanggar undang-undang. Begitupun banyak program pemerintahan pusat yang mengalir ke kabupaten Enrekang tidak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Pemerintah pusat harus turun mengecek program pemerintah pusat yang masuk ke kabupaten Enrekang. Tidak ada dirasakan asas manfaatnya oleh masyarakat. Kasihan uang negara, kasihan program baik Presiden tidak dinikmati manfaatnya oleh masyarakat,” pungkasnya. (*)

The post Langgar Undang-Undang, Saudara Bupati Enrekang Jadi Direktur PDAM Perkuat Dinasti dan Lahan Korupsi appeared first on Maccanews.