Hasil Petani di Kabupaten Gowa Mengalami Peningkatan

oleh
Hasil Petani di Kabupaten Gowa Mengalami Peningkatan

Produksi petani di kabupaten gowa mengalami peningkatan yang cukup siginifikan untuk panen kali ini. bahka produksi panen yang ada di Desa Kalemandalle, Kecamatan Bajeng Barat, Gowa mengalami produksi hingga 73%.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Group BI Sulampua, Endang Kurnia Saputra saat melakukan panen raya, kelompok tani Harapan Jaya yang ada di Kabupaten Gowa, Jumat (25/10/19).

Menurut Endang, para petani ini dibekali sistem hazton dalam mengelola lahan pertanian mereka. sehingga ada peningkatan produksi yang cukup tinggi.

“Produksi meningkat 73% dari hasil panen sebelumnya. jika sebeluknya hanya mampu memproduksi 6ton/ha, maka dengan sistem hazton,mampu memproduksi hingga, 10,4ton/ha,” ujarnya.

Karenanya BI mendorong peningkatan produksi akan terus bertambah bantuan yang akan diberikan kedepannya. Endang menegaskan bahwa saat ini BI masih fokus untuk memberikan bantuan kepada kelompo tani Harapan Jaya sendiri. Namun masih terbuka kepada kelompok tani lainnya juga komoditas lainnya misalnya cabe ,bawang merah, ikan bandeng .

“Kenapa kepada komoditas ini Bank Indonesia membantu karena komoditas penyumbang inflasi adalah sektor tersebut, nah kami mengendalikan inflasi bersama-sama juga membantu bapak gubernur dan Bapak Bupati karena ini sebetulnya kami membantu mereka dan komoditas-komoditas lainnya,” ujarnya.

Gowa sendiri menurut Endang penyumbang beras, sehingga didorong dengan menerapkan sistem hazton. Endang menjelaskan metodologi hazton Ini, teknologi yang sudah terbukti berhasil lahan yang tidak subur yang tidak subur di seperti Kalimantan Barat paling.
sehingga di ujicoba di gowa, yang memiliki lahan terluas di sulsel,belum lagi lahan yang cukup subur.

Sementara itu, Wakil Bupati Gowa, Abdul Raup Mallagani, mengatakan jika Gowa sebagai penyangga kota Makassar, masih mengandalkan pertanian sebagai sektor mata pencaharian dan memiliki luas lahan pertanian terluas di sulsel.

“Karenanya bantuan dari BI ini telah mendorong terciptanya kelompok tani yang kuat, yang menghasilkan produksi yang besar.bermanfaat dan masyarakat lebih sejahtera ,” Tandasnya.

Dengan demikian hidup masyarakat petani sehingga petani semakin sejahtera maju dan makin sukses. ‘Wabup Gowa berharap bantuan dari pihal BI tidak berhenti sampai di sini tapi berkelanjutan pada sektor lainnya.

Pada kesempatan ini pihak BI juga menyerahkan bantua mesin rice milling unit, polisher, mesin jahit karung.

Pelaksanaan peresmian bantuan dan panen perdana dihadiri oleh Direktur Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan, Bpk. Endang Kurnia Saputra, dan Wakil Bupati Gowa, Bpk. H. Abdul Rauf Mallagani, S.Sos., M.Si. serta turut dihadiri oleh jajaran dinas terkait baik dari tingkat provinsi maupun kabupaten. Kegiatan peresmian diawali dengan panen perdana yang kemudian dilanjutkan dengan pemberian bantuan kepada gabungan kelompok tani (Gapoktan) Harapan Jaya

The post Hasil Petani di Kabupaten Gowa Mengalami Peningkatan appeared first on Maccanews.