Dukcapil dalduk KB Sulsel Laksanakan Penyuluhan Kelompok Tribina di Kabupaten Lutra

oleh
Dukcapil dalduk KB Sulsel Laksanakan Penyuluhan Kelompok Tribina di Kabupaten Lutra

Guna meningkatkan keterampilan kader melakukan pendampingan kelompok tribina keluarga sejahtera. Dinas Kependudukan catatan sipil pengendalian penduduk, dan KB Provinsi (Dukcapil dalduk KB) Sulsel menyelenggarakan kegiatan pembinaan ketahanan keluarga Bina Kesehatan Balita, Remaja, serta Lansia di Kabupaten Lutra pada tanggal 17 September.

“Saya mengharapkan agar kelompok BKR (Bina Keluarga Remaja) aktif memberikan penyuluhan kepada keluarga-keluarga sehingga para keluarga mampu untuk melindungi anggota keluarganya dari perilaku penyalahgunaan narkoba” kata Kadis Dukcapil dalduk KB Sukarniaty Kondolele, Jumat (20/09/2019).

Lebih lanjut, Sukarniaty menyebutkan rombongan penyuluhan telah kembali dari Lutra kemarin. Pembekalan yang diberikan berupa keterampilan komunikasi, kerjasama, pemahaman konseptual, pengenalan masalah, dan pengorganisasian kelompok.

Ia menyebutkan, pentingnya peran kader dalam mengaktifkan kelompok-kelompok tribina sehingga dapat diwujudkan. Keluarga sejahtera melalui pengasuhan yang tepat bagi bayi, pembinaan remaja, dan pendampingan lansia.

Sementara itu, Asisten I kabupaten Lutra sekaligus sebagai plt. Kadis Pengendalian Penduduk dan KB Bapak Jumal Jayair Lussa yang mewakili Bupati Lutra mengungkapkan, bahaya narkoba yang marak di kalangan remaja mempengaruhi seluruh aspek kehidupan keluarga.

Metode pembinaan dilakukan melalui diskusi interaktif dengan kader tentang kebutuhan yang diperlukan, untuk mengatasi masalah-masalah lapangan. Sebelum, para kader diberikan materi pengantar mengenai keterpaparan dan faktor resiko ketika dihadapi oleh keluarga, saat menjalankan fungsi secara optimal.

Semoga pembinaan, kader memiliki penyegaran terkait dengan peran dan fungsinya di lapangan. Selain itu mempunyai, keterampilan praktis menjalankan tugasnya sebagai fasilitator keluarga menuju bahagia dan sejahtera.(Lim)

The post Dukcapil dalduk KB Sulsel Laksanakan Penyuluhan Kelompok Tribina di Kabupaten Lutra appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.