Tutup Festival Pinisi Gubernur : Sektor Pariwisata Dorong Sektor Lain Ikut Bergerak

oleh
Tutup Festival Pinisi Gubernur : Sektor Pariwisata Dorong Sektor Lain Ikut Bergerak

 

MACCA NEWS.- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah kembali mengunjungi Kabupaten Bulukumba. Kehadiran Gubernur untuk mengikuti seremoni penutupan Festival Pinisi ke 10 yang dipusatkan kawasan wisata pantai Tanjung Bira, Sabtu (14/9) malam. Ribuan orang hadir dalam penutupan ini.

Gubernur dalam festival yang masuk 100 Wonderful Events Kementerian Pariwisata RI, berharap festival ini semakin berkembang, tentunya dengan support dari pemerintah, baik daerah dan pusat.

“Tentu kita berharap dari event festival pasti ada sesuatu yang berkembang. Harapan kita Festival Pinisi yang ke-11 tahun depan Bira akan semakin cantik semakin baik,” kata Nurdin Abdullah.

Dengan berkembangnya sektor pariwisata juga akan membuat sektor ekonomi berkembang. Sehingga Nurdin Abdullah menyampaikan mendukung penuh, Pemda Bulukumba untuk melakukan penataan. Bira, tambah Nurdin telah menjadi aset nasional bahkan dunia.

Gubernur menyebutkan, kawasan Bira adalah daerah yang sangat cantik. Namun kendala yang ada adalah aksesibilitas (accessibility) yang masih perlu dibenahi dan menjadi perhatian. Hal ini sangat penting sebagai penunjang kemajuan pariwisata. Termasuk pembangunan bandara yang menjadi pintu masuk bagi turis.

“Kita berharap tahun depan pembebasan lahan untuk bandara selesai. Kita akan mulai pembangunan Bandara Bira,” sebutnya.

Nurdin menyampaikan, bahwa Bira adalah salah satu objek wisata andalan Sulsel dan merupakan primadona dengan keindahan baharinya. Yang semakin mengokohkan Sulsel sebagai daerah wisata unggulan.

“Kalau kita bicara keindahan, apa kurangnya Sulsel, kita punya Bira, kita punya Toraja, kita punya hot spring (mata air panas) di Soppeng, ada juga Selayar dengan Takaboneratenya,” papar Nurdin.

Lanjut Nurdin, bahwa Sulsel akan mendorong sektor pariwisata ini, kenapa sektor pariwisata, karena sektor ini dapat membantu menyelesaikan persoalan kemiskinan. Demikian juga dengan masalah pengangguran. Dengan menyentuh sektor pariwisata banyak sektor yang ikut bergerak.

“Di Bira, sekian banyak turis yang datang ke sini pasti cari seafood, nelayan kita punya ikan pasti laku, demikian juga dengan pasar kita, beli sayur, buah dan sebagainya, restoran, hotel pada penuh. Lapangan kerja pasti tercipta,” harapnya.

Sehingga Bira mendapat prioritas dalam pembangunan dan penganggaran. “Insya Allah, dua hingga tiga tahun ke depan, kita akan hamburkan anggaran masuk ke Bira ini. Itu kita selesaikan, termasuk Toraja dan Selayar,” ujarnya.

Malam penutupan Festival Pinisi ini dihibur artis ibukota Dewi Yul dan Uut Permatasari. Serta beberapa persembahan tarian dari sanggar seni lokal Bulukumba dan bahkan ada dari Kabupaten Pangkep dengan Tarian Musik Tennong khas Pangkep

Selain Gubernur, juga hadir Asdep Pengembangan Pemasaran 1 Regional III Kementerian Pariwisata, Ricky Fauziyani mewakili Menteri Pariwisata, Staff Ahli Menteri Bidang SDM Kemenkomaritim Laksda TNI ( Purn) Agus Purwoto,
Wa Aspotmar Kasal Laksma, Ferial, serta Deputi Pencegahan, dan Rencana BNPB Lilik Kurniawan.

Saat acara berlangsung, Ricky Fauziyani menyampaikan bahwa Festival Pinisi menjadi trending topik keempat tertinggi nasional sebanyak 1.883 cuitan dengan hastag #pesonafestivalpinisi2019

Beberapa rangkaian kegiatan Festival Pinisi yang telah dilaksanakan misalnya, Bira Sunset Run, Festival Dato Tiro, Senandung Kopi Kahayya, Festival Laonruma, dan Festival Samindara.

Selain itu juga telah digelar pasca seremoni pembukaan adalah Pinisi Expo di lapangan Pemuda sampai tanggal 14 September, Karnaval Pakaian Hitam (Kamis 12 September pukul 13.30 di lapangan Pemuda), Annyorong Lopi (Jumat 13 September pukul 13.00 di Bontobahari), Ritual Adat Andingingi Kajang (Sabtu, 14 September pukul 09.00 di Desa Tanatoa Kajang).- Suaedy.-

The post Tutup Festival Pinisi Gubernur : Sektor Pariwisata Dorong Sektor Lain Ikut Bergerak appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.