Bupati Barru Suardi Saleh, Tim Parade Tari dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

oleh
oleh
Bupati Barru Suardi Saleh, Tim Parade Tari dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan

MACCA.NEWS–Tim Parade Tari dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Barru didaulat untuk mewakili provinsi Sulawesi Selatan dalam ajang Parade Tari Nusantara Taman Mini Indonesia Indah (TMII) di Jakarta, yang akan berlangsung pada tanggal 8 sampai 10 Agustus 2019.

“Ajang ini sangat bergengsi dan sangat kompetitif karena diikuti oleh 34 provinsi. Pertunjukan ini juga nantinya sebagai ajang memperkenalkan dan mempromosikan potensi budaya daerah kabupaten Barru dan Sulawesi Selatan, melalui karya seni daerah, khususnya Seni Tari,” kata Kadis Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Barru, Andi Adnan Azis, S.STP. M.Si., saat mengikuti acara pelepasan Tim Parade Tari kabupaten Barru, di Baruga Singkerru Adae, Rujab Bupati Barru, Rabu, (7/8).

Adnan menjelaskan bahwa, Tim kabupaten Barru yang terdiri dari 10 Penari dan 8 Pemain Musik, yang mewakili Sulsel dalam Parade Tari Nusantara TMII di Jakarta, akan menampilkan tarian ” Batu Lapidde ” yang merupakan sebuah legenda dari salah satu obyek wisata, situs purbakala.

Adnan menambahkan bahwa, Tari “Batu Lapidde” tercipta dari sebuah legenda yang bercerita tentang seorang bernama Lapidde yang suka berburu Rusa, bersama dua ekor anjing peliharaannya, yang secara tiba tiba menjadi batu bersama dua anjingnya, dikaki gunung Pange Lapidde. Dan dalam penyajiannya, tarian ” Batu Lapidde ” berlatar belakang cerita 4 kerajaan di kabupaten Barru, dengan menggunakan simbol 4 properti payung (Teddung Pulaweng) pengawal raja untuk berburu Rusa di hutan.

Sementara itu, Bupati Barru, Ir. H. Suardi Saleh, M.Si., dalam sambutannya, mengaku bangga atas kepercayaan yang diberikan untuk mewakili provinsi Sulsel dalam Parade Tari Nusantara TMII Jakarta tahun 2019.

“Saya sangat bangga kepada para putra putri kita yang telah mengangkat nama daerah kita. Dan dipercayakan untuk mewakili Sulawesi Selatan dalam Parade Tari yang bertaraf nasional. Bukan hanya mewakili kabupaten Barru, tetapi sekaligus mewakili Provinsi Sulawesi Selatan, ini adalah sebuah prestasi yang membanggakan ” Ungkapnya, saat melepas Tim Parade Tari kabupaten Barru, di Baruga Singkerru Adae, Rujab Bupati, Rabu (7/8).

Selain itu, Suardi Saleh juga berharap agar Kadis Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Barru, dapat terus melakukan pembinaan dalam bidang seni dan kebudayaan, khususnya seni Tari dan industri kreatif, sehingga nantinya brand-brand lokal dan obyek wisata dikabupaten Barru mampu bersaing dengan daerah daerah lain.

The post Bupati Barru Suardi Saleh, Tim Parade Tari dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.