Pakar Sebut Pengembalian Pejabat Makassar Cerminan Otonomi Daerah yang Kebablasa

oleh
Wacana Pemindahan Ibukota Alihkan Isu Pilpres,? Begini Kata Pengamat

MACCA.NEWS-  Pj Wali kota Makassar, Iqbal Suhaeb melantik sebanyak 827 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam jabatan pimpinan tinggi pratama jabatan administrator dan jabatan pengawas, di Tribun lapangan Karebosi, Jumat (26/7/2019)

Pelantikan itu menindaklanjuti surat perintah Nomor 800/3892/OTDA, Tanggal 23 Juli 2019 yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Tercantum dalam surat tersebut, tentang rekomendasi pencabutan dan pembatalan surat keputusan Wali Kota terkait pengangkatan dan penggantian pejabat di lingkup Pemkot Makassar.

“Untuk tahun ini tidak ada penataan, yang ada pengembalian jabatan. Tetapi akan segera melakukan penataan ulang, khususnya jabatan yang masih kosong yang sesuai SK dari pusat,” ujar Iqbal.

Diketahui jelang akhir masa jabatan Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto sebelumnya, sebanyak 1.228 PNS telah dimutasi. Namun tidak semua yang telah dimutasi tersebut akan dilantik pagi tadi.

Pelantikan ini juga sebagai tindak lanjut dari rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Kemendagri atas ditemukannya masalah prosedur dalam pembinaan karir dan mutasi yang telah diatur dalam UU Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), juga dalam peraturan pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang ASN.

Pengamat ilmu politik dan pemerintahan, Universitas Bosowa Makassar, Arief Wicaksono meniali pengembalian pejabat yang dilantik Walikota sebelumnya, Danny Pomanto adalah sebuah cerminan kebablasan otonomi daerah.

“Kalau menurut saya inilah cerminan otonomi daerah yang kebablasan. Tidak ada prinsip-prinsip tata kelola pemerintahan yang baik, yang diperlihatkan kepada masyarakat. Para pemimpin semaunya saja tanpa memperdulikan institusi yang secara ideal bertanggungjawab atas masalah itu. Hampir semua level saya lihat begit,” kata Arief Wicaksono. (*)

The post Pakar Sebut Pengembalian Pejabat Makassar Cerminan Otonomi Daerah yang Kebablasa appeared first on Maccanews.