CJHI Asal Bulukumba Kunjungi Makam Syuhada Uhud

oleh
CJHI Asal Bulukumba Kunjungi Makam Syuhada Uhud

 

MACCANEWS, MADINAH.- Uhud adalah adalah salah satu wilayah bersejarah dalam Islam dan menjadi saksi atas perjuangan umat Islam dalam membela akidah mereka.

Karenanya, wilayah Uhud menjadi salah satu wilayah tujuan wisata religi utama bagi para jamaah umrah maupun jamaah haji, saat mereka berkunjung ke Madinah. “Tidak enak rasanya kalau tidak mampir ke sini, saat berada di Madinah,” ujar Ahmad Pasigai salah seorang calon jamaah haji asal Bulukumba.

Bahkan terdapat beberapa jamaah yang meminta untuk diantar kembali ke lokasi tersebut, guna mendalami lebih dalam sejarah Perang Uhud yang selama ini mereka hanya ketahui dari buku dan media.

Ust.Muh.Yusuf Shandy melaporkan dari Madinah Al Munawwarah menyebut, Uhud terdapat tiga simbol sejarah utama, yaitu pegunungan Uhud, bukit rumat (pasukan pemanah), dan pemakaman syuhada Uhud. Ketiganya saling berdekatan satu sama lain.

Di pemakaman syuhada Uhud terdapat 70 orang sahabat yang dimakamkan, setelah syahid dalam perang Uhud yang terjadi pada tahun kedua Hijriyah. Tiga tokoh sentral Islam turut syahid dan dimakamkan di tempat ini, yaitu Hamzah bin Abdul Mutthalib (paman Rasulullah Saw), Mush’ab bin Umair (penyebar Islam pertama di Madinah), dan Abdullah bin Jahsy.

Jabal Rumat (Bukit Pasukan Pemanah) adalah lokasi yang biasa dinaiki oleh para peziarah untuk foto-foto. Sementara pegunungan tinggi yang terdapat di sebelah barat makam Syuhada Uhud itulah Pegunungan Uhud, yang membentang sepanjang empat kilo meter. **

Laporan Muh.Yusuf Shandy
Dari Madinah

Editor H.Suaedy Lantara

The post CJHI Asal Bulukumba Kunjungi Makam Syuhada Uhud appeared first on Maccanews.