Pulau Jawa dan Indonesia Timur, Kunci Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

oleh
oleh
Pulau Jawa dan Indonesia Timur, Kunci Kemenangan Jokowi-Ma’ruf

MACCA.NEWS- Alvara Research Center merilis hasil survei elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden pada Pilpres 2019. Hasilnya, pasangan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin masih unggul atas Prabowo-Sandiaga Uno.

Berdasarkan hasil survei terakhir menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) 17 April 2019 mendatang, elektabilitas pasangan Joko Widodo-KH Maruf Amin berada di angka 52,2 persen. Sementara elektabilitas pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno sebesar 38,8 persen dan yang belum memutuskan sebesar 9,0 persen.

Peneliti sekaligus CEO Alvara Research Center, Hasanuddin Ali, menjelaskan, tingginya elektabilitas Jokowi-Ma’ruf di Pulau Jawa dan Indonesia Timur menjadi penentu kemenangan di Pemilu 2019 mendatang. Di sisi lain, Prabowo-Sandiaga hanya mampu unggul di Pulau Sumatera.

“Jokowi-Ma’ruf masih memiliki elektabilitas yang tinggi di basis pemilih dengan suara terbanyak, yaitu di Pulau Jawa dan Indonesia Timur. Sementara Prabowo-Sandiaga hanya unggul di Pulau Sumatera,” kata Hasanuddin Ali, di Jakarta, Jumat (12/4/2019).

Untuk wilayah Sumatera I (Aceh, Sumut, Sumbar, Kepri), Prabowo-Sandi unggul di angka 66,7 persen. Sedangkan di wilayah yang sama, Jokowi-Ma’ruf hanya mampu di angka 29 persen dan belum memutuskan 4,3 persen.

Sementara, di wilayah Sumatera II (Riau, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Lampung, Babel), Prabowo-Sandi juga masih unggul tipis di angka 49,1 persen. Sementara Jokowi-Ma’ruf 35,9 persen dan belum menentukan pilihan 15 persen.

Untuk wilayah Jawa I (Jabar, DKI, Banten), Jokowi-Ma’ruf unggul 51,7 persen, Prabowo-Sandiaga 42,4 persen dan yang belum memutuskan sebesar 5,9 persen.

Sementara, di wilayah Jawa II (Jateng, Yogyakarta, Jatim), Jokowi-Ma’ruf unggul 66,5 persen, Prabowo-Sandiaga 18,8 persen dan yang belum memutuskan sebesar 14,7 persen.

Kemudian, di Indonesia Timur (semua wilayah di Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua) pasangan Jokowi-Ma’ruf juga unggul 52,3 persen dan Prabowo-Sandiaga sebesar 43,5 persen dan yang belum memutuskan 4,2 persen. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.