Sudah Resign, Sandiaga Uno Bisa Balik Jadi Wagub DKI?

oleh
Sudah Resign, Sandiaga Uno Bisa Balik Jadi Wagub DKI?

MACCA.NEWS- Hasil hitung cepat (Quick Count) sejumlah lembaga survei menunjukkan pasangan calon presiden-calon wakil presiden, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, tertinggal dari pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Joko Widodo-Ma’ruf Amin.

Muncul pertanyaan mengenai kemungkinan Sandiaga Uno kembali menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Akmal Malik menjawab, tak ada aturan yang melarang Sandiaga Uno kembali menjadi wagub. “Tidak ada aturan yang melarang,” kata Akmal ketika dihubungi wartawan.

Akmal mengatakan, berdasarkan Pasal 176 Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), partai pengusung gubernur dan wakil gubernur mengajukan dua nama ke DPRD melalui gubernur. Sesudah itu, DPRD menggelar pemilihan atas dua nama itu.

Saat ini, dua nama kandidat wagub DKI pengganti Sandiaga Uno sudah diterima gubernur dan diteruskan ke DPRD. Namun, DPRD belum mulai menyiapkan pemilihan. Bisakah nama Sandiaga Uno dimasukkan agar dipilih kembali? “Bisa saja, kenapa tidak?” ujar Akmal.

Hanya saja, Akmal mengingatkan, secara etika, langkah itu tidak etis. Sandiaga Uno telah melepas jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta, pada 27 Agustus 2018.
“Tidak ada larangan, cuma karena kita kan tidak melulu persoalan aturan. Ada etika harus diperhatikan. Ketika ingin menarik lagi (Sandiaga Uno) harus ada argumentasi jelas kenapa ditarik. Publik pasti bertanya itu, karena haknya ada di partai pengusung,” ujar Akmal.

Sebelum melenggang sebagai calon wakil presiden, Sandiaga Uno melepas jabatannya sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta. Dalam pidato pengunduran diri yang dibacakannya di rapat paripurna DPRD DKI Jakarta pada 27 Agustus 2018, Sandiaga memilih mengundurkan diri kendati bisa cuti dan kembali jika kalah.

“Mempertimbangkan betapa besar tugas seorang wakil gubernur, betapa berat kerja di Jakarta, dan menghindari risiko politisasi jabatan, menjauhkan dari mudharat pejabat yang mengintervensi dan menyalahgunakan birokrasi, anggaran, dan fasilitas, maka saya memilih ikhlas berkorban untuk tidak mengambil cuti,” kata Sandiaga di hadapan para anggota dewan dan pejabat Pemprov DKI, di Gedung DPRD DKI Jakarta kala itu. (*)

The post Sudah Resign, Sandiaga Uno Bisa Balik Jadi Wagub DKI? appeared first on Maccanews.

No More Posts Available.

No more pages to load.