Wagub A.Sudirman Sambangi Bulukumba

oleh
Wagub A.Sudirman Sambangi Bulukumba

MACCA NEWS. Wakil Gubernur (Wagub) Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Bulukumba. Wagub tiba di Bulukumba diterima di rumah jabatan Bupati, Sabtu 16 Maret 2019 sekitar pukul 13.00 wita.

 

Dari rumah jabatan, Wagub bersama rombongan yang didampingi Bupati AM Sukri Sappewali dan Kadis Pariwisata Ali Saleng melanjutkan perjalanan menuju kawasan wisata Tanjung Bira. Di kawasan ini, Wagub meninjau pengembangan obyek wisata baru Titik Nol Sulawesi.

Malamnya, Wagub melakukan ramah tamah bersama dengan jajaran pemkab dan para tokoh masyarakat Bulukumba di Hakuna Matata Resort Tanjung Bira.

Bupati AM Sukri Sappewali menyebut kedatangan Wagub Sulsel untuk mensinkronisasi program pemerintah provinsi dan pemerintah kabupaten yang akan dilaksanakan ke depan. Jangan sampai, kata AM Sukri program pemprov tidak cocok dengan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat Bulukumba.

“Nah ini kita mencoba sharing dan verifikasi apa kebutuhan yang sebaiknya di dukung oleh pemprov. Jangan nanti sudah dibangun lalu bertanya apa manfaatnya,” jelasnya.

Senada disampaikan Bupati, Wagub menyatakan pembangunan
harus tepat sasaran, sesuai dengan kebutuhan, bukan berdasarkan keinginan.

Menurutnya dalam membangun itu harus fokus, tuntas, efektif dan efisien. Kalau efisien saja, belum tentu efektif dan belum tentu tepat sasaran. Jangan sampai sudah efektif dan efisien tapi tidak tuntas, atau banyak dibangun tapi tidak ada yang selesai.

“Tapi kalau pembangunan jalan aspal semua pasti sepakat bahwa itu sangat berguna, begitu juga irigasi untuk mengairi sawah maka yakin pasti itu bermanfaat, tidak ada pertentangan di dalamnya,” imbuhnya.

Namun, lanjutnya ketika bergeser ke obyek wisata misalnya, maka harus berpikir matang-matang dalam berhitung, karena harus efektif, efisien dan tuntas, serta paling penting harus mengandung nilai komersil di dalamnya.

“Makanya saya sering datang ke daerah untuk menjaga perencanaan dengan aktualita atau realitas yang ada di lapangan. Olehnya itu sinkronisasi perencanaan di kabupaten dan provinsi sangat penting,” imbuhnya.

Tinjau Titik Nol Sulawesi

Saat meninjau lokasi pengembangan destinasi wisata baru di Titik Nol Sulawesi, Wagub meminta Pemkab Bulukumba untuk segera melakukan pembenahan obyek wisata baru tersebut.

”Saya sangat tertarik melihat obyek wisata Titik Nol ini, lokasinya sangat indah, katanya memuji

Menurutnya, membangun lokasi wisata Titik Nol, harus fokus sehingga apa yang direncanakan bisa tuntas.

”Kita harus fokus, biar tuntas,” kata alumni Fakultas Teknis Unhas ini.

Pemerintah Provinsi Sulsel, kata Wagub, siap membantu Pemerintah Kabupaten Bulukumba khususnya untuk pembangunan sarana jalan untuk tiba di Titik Nol.

Selain akan membantu pembangunan sarana jalan, dia juga berjanji akan mengundang investor datang ke Titik Nol. Menurutnya membangun obyek wisata jangan setengah setengah, harus tuntas, apalagi obyek wisata Titik Nol ini sangat indah, dan juga perlu diperhatikan menjaga keaslian alam.

Bupati AM Sukri Sappewali yang mendampingi Wagub ke lokasi tersebut menyampaikan tahun ini sudah ada kegiatan pembangunan di Titik Nol, termasuk diantaranya pembangunan dibangun Teras Tanjung Bira di Titik Nol.

“Kita akan membangun Boardwalk di atas air. Teras Tanjung Bira, pedestrian dan tugu,” kata Andi Sukri.- Suaedy.-

No More Posts Available.

No more pages to load.