KPUD Sinjai Gelar Rakor Pemilu 2019

oleh
KPUD Sinjai Gelar Rakor Pemilu 2019

MACCA.NEWS– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menggelar Rapat Koordinasi Kampanye, Tata Cara Mencoblos, dan Pindah Memilih Serentak Tahun 2019, Rabu (6/3/2019).

Rapat yang berlangsung di Aula RM Nikmat Sinjai, dibuka oleh Ketua KPU Sinjai, Muh. Naim dan diikuti Ketua/Sekretaris Parpol se-Kabupaten Sinjai, serta Ketua/LO kampanye peserta Pemilu.

Besok akan dilakukan penyortiran dan pelipatan kertas suara Pemilu. Untuk kertas suara DPR RI akan kita sortir terlebih dahulu. Terkait iklan kampanye, kali ini peserta Pemilu Kabupaten tidak di fasilitasi lagi oleh KPU, berbeda dengan peserta Pemilu Provinsi dan Pusat. Sementara kampanye melalui media massa dimulai 24 Maret hingga 13 April 2019 atau selama 21 hari,” ungkap Muh. Naim.

Sementara Divisi Hubmas KPU Sinjai, Nur Hikmah menjepaskan, di Pemilu 2019, ada tiga kategori pemilih yang diatur dalam UU nomor 17 tahun 2017 tentang Pemilu.

” Ketiga kategori ini, diantaranya pemilih yang terdaftar di Daftar Pemilih Tetap (DPT), dimana di hari H pencoblosan cukup memperlihatkan undangan dan KTP-el pada petugas TPS. Kedua, pemilih yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Pemilih ini sudah terdata dalam DPT, namun ingin pindah memilih di TPS yang berbeda dari lokasi yang sudah didata (pindah karena pekerjaan/tugas, penyandang disabilitas, menjalani rehabilitas, tahanan, dst). Pemilih ini bisa menggunakan hak pilihnya dengan mengurus formulir A5 di PPS dan membawanya pada hari H pencoblosan disertai KTP-el,” jelas Hikmah.

Sedangkan yang ketiga, kata Hikmah, adalah Daftar Pemilih Khusus (DPK). Warga yang punya hak pilih namun belum terdata dalam DPT. Pemilih kategori ini bisa menggunakan hak pilihnya dengan membawa KTP-el di TPS terdekat sesuai alamat KTP-el.

Sebagai penyelenggara, kami intens melakukan sosialisasi. Partisipasi dari parpol, para stakeholder maupun masyarakat seluruhnya sangat kami harapkan untuk bersama-sama mensukseskan Pemilu ini. Karena suksesnya Pemilu bukan dari suksesnya penyelenggara, tapi menjadi tanggung jawab kita bersama, harapnya.

Kegiatan ini turut dihadiri Ketua Bawaslu Sinjai A. Muh. Rusmin, para Komisioner dan sekretariat KPU Sinjai. (**)