Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali Buka Secara Resmi Musrembang.

oleh
Bupati Kepulauan Selayar Basli Ali Buka Secara Resmi Musrembang.

MACCA.NEWS – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020, dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Selayar H. Muh. Basli Ali, di Rayhan Square dan Resto, Senin (25/3/2019).

Musrenbang RKPD bertajuk “Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat dan Pemantapan Pelayanan Publik”, disaksikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Syamsibar, S. H., mewakili Gubernur Sulawesi Selatan.

Bupati Kepulauan Selayar, H. Muh. Basli Ali, dalam sambutan pembukaannya menyampaikan beberapa hal, yang terkait kondisi makro Kabupaten Kepulauan Selayar saat ini, dan kecenderungan ke depan.

“Kondisi makro saat ini merupakan indikator makro sekaligus sebagai bahan pertimbangan dalam menyusun prioritas kebijakan untuk Tahun 2020 mendatang”, jelas Basli Ali

Berbagai indikator pencapaian Pemkab. Kepulauan Selayar seperti Perkembangan PDRB, Pertumbuhan Ekonomi, dalam kurun waktu dua tahun terakhir terus mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

“Pertumbuhan ekonomi Kabupaten kepulauan Selayar mencapai angka 7,35 persen, masih di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Selatan yang berada diangka 7,23 Persen”.

Selain itu lanjut Basli, terkait pelaksanaan Program Prioritas (Program Gratis), Bupati menilai telah memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan terbukti mampu menekan presentase kemiskinan pada Tahun 2018 dan diharapkan akan terus berkontribusi positif pada tahun-tahun selanjutnya.

Ia menambahkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknolgi informasi juga harus dikembangkan, guna mengoptimalkan penyusunan dokumen perencanaan yang lebih baik yang bermuara pada peningkatan kualitas publik, pemberdayaan masyarakat yang secara total berorientasi pada akselarasi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Mewakili Gubernur Sulsel, Kepala BPBD Sulsel Syamsibar berharap, melalui kegiatan musrenbang ini, terjalin sinergitas yang baik antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam rangka pencapaian visi dan misi khususnya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Musrenbang ini memiliki posisi penting dalam rangka melaksanakan perencanaan program-program pembangunan yang mengacu pada RPJMD,” ucapnya.

Sementara Kepala Bappelitbangda, Drs. H. Basok Lewa dalam laporannya mengatakan Musrenbang RKPD ini adalah kelanjutan dari musrenbang tingkat kecamatan yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, Musrenbang ini dilaksanakan guna membahas, menyelaraskan berbagai rencana pelaksanaaan program/kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan pada tahun anggran 2020.

Pembukaan Musrenbang tersebut juga dihadiri anggota DPRD Provinsi Sulsel, Forkopimda, Instansi Vertikal, BUMN dan BUMD, Organisasi Politik, Ormas, Tomas dan undangan lainnya. (Ucok Haidir )

No More Posts Available.

No more pages to load.