Dinas PUPR Gelar Serah Terima Pekerjaan BDI Kotaku TA 2018

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE- Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar serah terima pekerjaan Bantuan Dana Investasi (BDI) program Kota Tanpa Kumuh (KOTAKU) tahun anggaran 2018 dan Rembug Warga Tahunan (RWT) , di Kelurahan Bumi Harapan, Senin (4/1/2019).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kotaku, Aswin mengatakan tahun lalu Kelurahan Bumi Harapan menerima anggaran sebesar Rp. 500 juta yang dikelola tiga Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) di RT 2, RW 4.

“Tiga KSM masing-masing, KSM Tumbuh Subur menerima Rp. 147 juta untuk pengerjaan drainase lingkungan sepanjang 98 meter, jalan beton 98 meter dan penutup saluran atau parit sepanjang 196 meter. Untuk KSM Mekar menerima anggaran kurang lebih Rp. 199 juta untuk pengerjaan drainase lingkungan, penutup plat beton, dan jalan beton. Sedangkan KSM Melati menerima Rp. 148 juta untuk pembuatan jalan beton, drainase lingkungan, pengadaan gerobak sampah, dan alat pemadam kebakaran. Alhamdulillah, masyarakat sudah merasakan manfaatnya sekarang,” papar Aswin.

Ketua LKM Bumi Harapan, Ahmad Gommo mengatakan dengan adanya program kotaku, daerah yang dianggap kumuh kini menjadi tidak kumuh lagi.

“Alhamdulillah, kita bisa melihat di Kampung Mandar itu sudah berubah total menjadi lebih bagus lagi. Semoga tahun 2020, Kelurahan Bumi Harapan bisa mendapatkan BDI lagi, karena masih banyak yang harus dibenahi,” harapnya.

Sementara, Lurah Bumi Harapan, Akmal Fattah mengatakan, Kelurahan Bumi Harapan juga bekerjasama dengan Dinas Ketahanan Pangan untuk program lorong peduli pangan agar kawasan yang sudah tersentuh program kotaku bertambah asri.

“Jadi melalui program lorong peduli pangan, kita bisa memanfaatkan pekarangan rumah warga untuk ditanami sejumlah jenis sayuran , dan tanaman lainnya,” jelas Akmal. (Sha)