Cegah Kebutaan Anak, Tim Refraksi Akan Lakukan Pemeriksaan Penglihatan

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE- Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pendidikan Kota Parepare, Helen Keller International (HKI) dan Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (IROPIN) cabang Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar sosialisasi pencegahan kebutaan pada anak, di Ruang Data Kantor Wali Kota Parepare, Jumat (22/2/2019).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Parepare, Sriyanti Ambar mengatakan, kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari kerjasama yang dilakukan pada tahun 2017 lalu.

“Saat kami melakukakan pengukuran di Sekolah Menengah Pertama (SMP), banyak ditemukan siswa yang mempunyai gangguan penglihatan. Tapi inikan sudah beberapa tahun berlalu, jadi kami akan kembali turun ke sekolah untuk melakukan pemeriksaan penglihatan. Rencananya tim akan turun hari senin (25/2) di SMP sekota Parepare,” katanya.

Selanjutnya, siswa yang terdeteksi gangguan penglihatan akan diberikan kacamata untuk pemeliharaan penglihatannya. Setelah pendistribusian kacamata dan pemeriksaan visus akhir, maka tim akan melakukan edukasi terkait penggunaannya.

“Tentu akan melalui proses kalibrasi untuk memastikan hasil pengukuran yang dilakukan akurat dan konsisten dengan instrument lainnya. Kacamata ini bukan obat dalam penyembuhan gangguan penglihatan, namun untuk mengukur kualitas tajam penglihatan,” lanjut Sriyanti.

Sriyanti menambahkan, kegiatan ini juga sebagai bentuk dorongan dalam pendidikan. Pasalnya saat anak mengalami gangguan penglihatan maka akan berpengaruh pada proses penerimaan pembelajaran.

“Dengan adanya deteksi dini penglihatam bisa mencegah kebutaan pada anak didik kita, sehingga bisa meningkatkan kualitas pendidikan. Karena biar bagaimana, meskipun anak didik kita pintar, tapi kalau mengalami gangguan penglihatan pasti penerimaan pembelajarannya juga tidak maksimal,” tambahnya. (Sha)