Kementerian Pertanian Serahkan Bantuan Bencana ke Wagub Sulsel

oleh
oleh
Kementerian Pertanian Serahkan Bantuan Bencana ke Wagub Sulsel

MACCA.NEWS– Kementerian Pertanian RI menyerahkan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir, tanah longsor dan angin kencang di beberapa daerah di Sulawesi Selatan (Sulsel).

Bantuan secara simbolik diserahkan Sekretaris Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan Nasrullah dan diterima Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Sekretaris Daerah Gowa Muchlis di posko pengungsi banjir Masjid Syuhada, Kelurahan Pangkabinanga, Kecamatan Pallangga, Kabupaten Gowa, Minggu (27/1).

Nasrullah menyebutkan bantuan dengan total lebih dari Rp2 miliar dari Kementan berupa bahan makanan siap saji, susu anak, mi instan, beras, air mineral, telur, pakaian, popok bayi, tenda dan selimut bagi pengungsi korban banjir.

Bantuan tersebut dikumpulkan dari stakeholder Kementan dan mitra Kementan yaitu PT Tiran, Sahabat Rakyat Indonesia, Charoen Phokphand Indonesia, Japfa Comfeed, dan Malindo.

“Sebagai bentuk kepedulian Kementan menghimpun bantuan bersama mitra kerja sehingga alhamdulillah sekarang sudah terkumpul dan akan kami salurkan kepada beberapa daerah di Sulawesi Selatan,” ujarnya.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman menyebutkan pihaknya akan menyalurkan langsung bantuan ke korban banjir terparah di beberapa daerah di Sulsel. Bantuan diangkut menggunakan truk dan mobil logistik ke daerah-daerah lokasi banjir di Sulsel.

“Kami ucapkan terimakasih pada mitra Kementan, kami segera distribusikan langsung ke lokasi-lokasi bencana,” ujar Sudirman.

Kementan juga akan memberikan bantuan pada petani yang memiliki lahan terkena banjir, setelah proses identifikasi lahan dan pemberian bantuan sosial kemanusiaan bagi petani.

“Kita akan identifikasi lahan pertanian yang terkena dampak, segera dilakukan recovery, seperti yang dilakukan di lokasi bencana NTB, Sulteng. Tim Kementan mengidentifikas lahan, dilakukan penanaman dan pemeliharaan dan pemulihan budidaya pertanian, sekarang kita fokus bantuan ke individu dahulu,” pungkas Nasrullah.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.