Miliki Kader Potensial, Pengamat Sebut PDIP Berpeluang Menangi Pemilu 2019

oleh
Miliki Kader Potensial, Pengamat Sebut PDIP Berpeluang Menangi Pemilu 2019

MACCANEWS- Pengamat politik dari Voxpol Center, Pangi Syarwi Chaniago menilai, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan alias PDIP akan meraih elektabilitas tertinggi di Pemilu 2019 nanti. Menurutnya, hal tersebut lantaran kader partai berlogo kepala Banteng itu memiliki jabatan strategis di pemerintahan.

“PDIP juga punya banyak kader yang menempati posisi dan jabatan strategis mulai dari menteri hingga kepala daerah. Semua sumber daya ini tentu akan memberi efek yang sangat besar kepada partai jika digerakkan dan diberdayakan untuk memenangkan pileg dan pilpres,” ujar Pangi, Rabu (26/12/2018).

Ia menambahkan, figur calon presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memberi coattail effect. Pasalnya, PDIP sebagai partai utama pengusung mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

“Sebagai partai yang mengusung calon presiden tentu membuat PDIP dalam posisi yang sangat beruntung. PDIP lebih mudah melakukan sosialisasi kepada publik dan di sisi lain akan mendapatkan limpahan dukungan dari pemilih yang memilih capres yang mereka dukung untuk memilih PDIP,” terangnya.

Ia mengatakan, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri merupakan sosok utama dalam menggerakan dan menyolidkan kader partai. “Salah satu kunci yaitu terciptanya soliditas yang tinggi, harus kita akui karena keberadaan sosok sentral Megawati Soekarno Puteri sebagai ketua umum yang sampai saat ini posisi dan pengaruhnya belum tergantikan,” ujarnya.

“Megawati berhasil menciptakan suasana kondusif di-internal partai sehingga partai bisa fokus dalam upaya pemenangan ketimbang menghabiskan energi dalam konflik internal berebut pengaruh dan kepentingan yang tidak berkesudahan yang pada akhirnya melemahkan efektifitas mesin partai dalam kompetisi rill memenangkan hati rakyat di tengah persaingan antar partai yang semakin kompetitif,” tambahnya. (*)