Sulsel – Sumbar Kolaborasi dalam Pengembangan IKM

oleh
Sulsel – Sumbar Kolaborasi dalam Pengembangan IKM

MACCANEWS– Provinsi Sulawesi Selatan dan Sumatera Barat, akan berkolaborasi dalam pengembangan Industri Kecil Menengah (IKM). Saling support diantara kedua belah pihak juga dilakukan.

Hal tersebut terungkap saat Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman menghadiri acara Pembukaan Sumatera Barat (Sumbar) Expo Tahun 2018, di Lapangan Karebosi, Kamis, (15/11).

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, para anggota forum koordinasi pimpinan daerah Sumatera Barat, para Bupati/Walikota se Sumatera Barat dan Wakil Walikota Makassar Syamsu Risal (Daeng Ical).

Dalam kesempatan itu, Wagub Sulsel mengatakan, beberapa produk memang banyak varian atau item-item yang masih memiliki kekurangan.

“Kedepannya kita akan pacu itu. Yang pertama, masalah traceability. Artinya kita tahu, diolah oleh siapa, ditanam oleh siapa, sekarang kita tidak butuhkan jumlah tetapi kualitas dari suatu produk untuk menentukan produk itu sendiri,” ujarnya.

Kemudian yang kedua, adalah masalah promosi. “Saya kemarin meminta kepada beberapa kedutaan untuk memasang atau memajang produk-produk unggulan Indonesia, kita bisa bayangkan kalau berapa kedutaan memasang atau memajang produk Indonesia dietalase khusus produk-produk Indonesia yang sifatnya bisa dipromosikan beberapa negara,” tambahnya.

Wagub juga menjelaskan, mungkin Provinsi Sumbar bisa memasang produk unggulannya di kantor gubernur, tinggal pilih tempat yang mana, dan tata kecantikan serta keindahan tetap kelihatan dan terpelihara.

“Kemudian yang ketiga masalah perhatian pemerintah, terhadap bagaimana Usaha Kecil Menengah (UKM) ini bisa berkembang paling tidak adalah kita support dari teknologi yang mereka butuhkan,” tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, bahwa potensi-potensi yang ada di Sulsel pasti dirinya akan tindaklanjuti dengan beberapa staf yang menangani hal itu, untuk bisa di follow-up.

“Jadi, pembukaan Sumbar Expo 2018 ini adalah yang ke tujuh, dimana sebelumnya sudah diadakan di Batam, Bandung dan tahun depan kita adakan di Medan, yang pastinya tidak ada lain kita promosikan produk-produk dari Sumbar,” kata Irwan.

Tentunya Sumbar Expo ini hadir untuk menjual potensi Sumatera Barat, meningkatkan dengan beberapa UKM dan industri yang ada. Sehingga bisa fokus investor dan berinvestasi.

“Kami berharap agar kedepannya kedepannya Provinsi Sulsel dan Sumbar bisa terus bekerjasama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.