7 Cara Manajemen Waktu Mahasiswa, Politisi Muda NasDem : No 7 Harus Diperhatikan Baik Baik

oleh
oleh
7 Cara Manajemen Waktu Mahasiswa, Politisi Muda NasDem : No 7 Harus Diperhatikan Baik Baik

MACCANEWS – Politisi Muda Partai Nasdem Sulawesi Selatan Muhammad Ferdhy Asdana memiliki Tips Manajemen Waktu Buat Pelajar dan Mahasiswa di sulawesi selatan saat di temui, Sabtu (03/11/2018)

Menurut eks Ketua Ikatan Pelajar Muhammadiyah Sulawesi Selatan ini mengatakan Banyak mahasiswa yang memiliki tanggung jawab di luar kegiatan belajar-mengajar. Tanggung jawab itu bisa saja menjadi anggota sebuah organisasi, atau karyawan magang di sebuah perusahaan.

“saya paham betul kondisi pelajar serta mahasiswa, banyak tanggungjawab diluar waktu belajar dan kuliah seperti aktif organisasi, ada yang bekerja dan magang di perusahan perusahan” ungkap politisi kelahiran wajo ini

Meski begitu, kerap kali mereka kesulitan untuk dapat menjalankan semuanya secara beriringan. Sebab, manajemen waktu seringkali dipandang sebagai teori yang sulit diterapkan.
Eks Ketua Himpunan Mahasiswa Pendidikan Sosiologi UNM ini memberikan tips agar membantu kamu untuk dapat membagi waktu kulah, santai, bahkan menghasilkan uang di luar kegiatan kuliah

1. Rancang daftar kegiatanmu
Sekarang, hampir semua ponsel pintar disertai dengan pin-up planner. Rencana hidup juga bisa kamu buat di kalender, atau di buku agenda biasa.

2. Bawa selalu tugas-tugas yang mudah dilakukan
Jadi, bila memiliki waktu luang di dalam bus atau saat sedang menunggu sebuah pertemuan, kita memiliki sesuatu untuk diselesaikan.

3. Jangan takut berkata ‘tidak’
Tidak perlu memaksakan diri untuk menonton bioskop saat ada ujian keesokan paginya. Berikan pengertian kepada temanmu, lalu mintalah ia mengatur waktu yang menguntungkan kalian berdua.

4. Buat waktu belajar mandiri
Siapkan waktu khusus hanya untuk mengulang segala hal yang telah kamu pelajari di kelas. Matikan telefon dan sambungan internet, kecuali jika kamu membutuhkan sesuatu terkait hal yang sedang kamu pelajari.

5. Jangan biarkan dirimu teralihkan
Jika kamu mendapati dirimu sedang membuang-buang waktu, segera hentikan. Periksa kembali agenda hidupmu, dan mulailah dari awal.

6. Temukan waktu untuk bersantai
Hitung berapa banyak waktu yang kamu habiskan untuk bekerja. Atur ulang jadwalmu minggu depan, dan tambahkan waktu luang untuk bersantai bersama teman teman sebelum kamu berpikir untuk menambahkan agenda lain.

7. Sisakan waktu tidur yang baik
Untuk dapat bekerja dengan maksimal, otakmu butuh tidur. Berikan 7-8 jam waktumu untuk tidur malam. Jangan lupa, susun ulang agendamu untuk esok hari sebelum kamu tidur.

Nah itu tips dari mahasiswa pasca sarjana UNM ini, dan menurutnya No 7 sangat penting harus sisakan waktu tidur yang baik, jaga kesehatanmu karena pelajar dan mahasiswa adalah pemimpin masa depan bangsa dan negara ini. (Andi Udin)

No More Posts Available.

No more pages to load.