Orang yang Takut pada Allah, Ini Indikatornya

oleh
oleh
Orang yang Takut pada Allah, Ini Indikatornya

MACCANEWS- Ketakwaan seseorang menjadi derajat istimewa di mata Allah swt. Ustadz Ilham Zubair Nawawie, juru dakwah dari Wiyung Surabaya memberikan tausiyah berikut ini:

Indikator yang menjadi karekteristik orang yang takut kepada Allah, menurut Imam al-Laits as-Samarqandi adalah:

Orang tersebut tidak akan menggunakan matanya untuk melihat sesuatu yang haram. Tidak menggunakan matanya untuk memandang dunia dengan nafsu syahwat. Tapi sebaliknya, ia memandang dunia untuk mengambil ibrah (pelajaran).

Termasuk indikator orang yang takut kepada Allah:

Orang tersebut senantiasa menjaga perutnya dari makanan haram.

Orang yang takut kepada Allah senantiasa menjaga tangannya agar tidak tergerak untuk sesuatu yang haram, baik melakukan tindakan kekerasan, maupun memungut benda yg dilarang Allah. Tangannya selalu dipakai utk melakukan sesuatu yg mengandung unsur ketaatan, dan sesuatu yg dapat mendekakatkan dirinya kepada Allah (bukan untuk meng-share berita hoax dan lain sebagainya).

Orang yang takut kepada Allah senantiasa menjaga kedua kakinya agar tidak melangkah menuju kemaksiatan. Namun kakinya dipergunakan menuju ketaatan dan mencari keridhaanNya.

Yang terakhir indikator orang yang takut kepada Allah dapat dilihat bahwa setiap perbuatan dan prilakunya senantiasa didasarkan pd ketaatan dan kesalihan. Setiap perbuatan baik yang dilakukan dijaganya agar tidak terbersit rasa riya’. (*)