, , , , , , , ,

Menpan RI Lepas Bantuan Donatur Untul Sulawesi Tengah

oleh

MACCANEWS – Menteri Pertanian Republik Indonesia (RI), Amran Sulaeman melepas 500 truck pengangkut bantuan logistik untuk korban gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng). Amran didampingi oleh Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, Wali Kota Makassar, Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto beserta Anggota DPR RI, Aliyah Mustika.

Dari total tersebut, Pemerintah Kota Makassar menyumbangkan 53 truck dari hasil pengumpulan donasi mulai dari SKPD, 15 Kecamatan dan RT/RW se-Kota Makassar.

Pemberian bantuan yang dikoordinir Kementerian Pertanian dilakukan sesuai dengan arahan Presiden RI, Joko Widodo sejak dua hari lalu yang memerintahkan agar segera mengambil langkah untuk memberikan bantuan bagi para korban bencana, khususnya pangan.

“Saya sangat bersyukur karena kerja-kerja pihak SKPD, Camat dan RT/RW hanya sehari bisa terkumpul sampai 53 truck. Duka Palu dan Donggala, duka kita semua. Bantuan ini bukti kepedulian dan perihnya kita akan bencana yang terjadi,” ucap Danny.

Kata Danny, bantuan ini merupakan bantuan yang kedua kalinya dikirimkan ke Kota Palu, Donggala dan sekitarnya. Meskipun bantuan yang pertama mengalami insiden, sebuah truck bantuan Pemkot Makassar dijarah oleh oknum-oknum yang tidak dikenal.

Sementara, Menpan RI, Amran Sulaiman mengucapkan banyak terima kasih kepada pihak-pihak yang telah berkontribusi atas donasi yang telah dikumpulkan.

“Kami mengucapkan terima kasih pada Gubenur Sulsel, anggota DPD RI, Wali Kota Makassar seluruh perusahaan BUMN dan BUMD, dan swasta yang telah berkontribusi hari ini, ada kurang lebih 500 truk bahan pangan yang dikirim hari ini untuk Palu, Donggala, dan Sigi,” kata Andi Amran usai melepas rombongan truk pembawa bantuan dari Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (4/10/2018).

Pihaknya juga menggalang bantuan khusus yang diberikan bagi yatim piatu asal Palu yang kini berada di Makassar sebesar Rp1 miliar.

Kementerian Pertanian telah dua kali menggalang bantuan, yaitu untuk korban gempa Lombok senilai Rp20 miliar dan korban gempa dan tsunami Palu, Donggala, dan Sigi, senilai Rp25 miliar.

Data bantuan sukarela ini terkumpul dari
;

1. Sahabat Rakyat Indonesia Rp 7M
2. Kementan (bukan APBN) dan Mitra Pertanian Rp 4,8M
3. Pemprov Sulsel, Pengusaha, Perbankan, dan Ormas Rp 6,2M

4. Pemkot Makassar sebanyak 53 truk senilai Rp 2,5 M
5. Artha Graha sebanyak 20 truk senilai Rp 1,1 M
6. BULOG berbentuk natura 40 truk senilai Rp 170 juta
7. PTPN XIV berbentuk natura 2 truk senilai Rp 100 juta
8. Indonesia community 2 truk senilai Rp 100 juta
9. Komunitas kresna 2 truk senilai Rp 100 juta
10. Dinas Perkebunan Pemprov Rp 20 juta
11. Harian FAJAR 1 truk sembako
12. Pribadi pribadi Rp 15 juta
13. GMTD sebanyak 1 truk sembako
14.Kemenkumham Sulsel 2 truk sembako
15. PT RUTAN 1 truk sembako dan, 16. Sumbangan masyarakat Sulsel. (Noval)