Kalah dari Jepang, Timnas U-19 Gagal ke Piala Dunia U-20

oleh
Kalah dari Jepang, Timnas U-19 Gagal ke Piala Dunia U-20

MACCANEWS-  Mimpi Timnas Indonesia U-19 lolos ke Piala Dunia U-20 dipastikan kandas setelah di babak perempat final, Minggu 28 Oktober 2018 menyerah 0-2 dari Jepang U-19.

Mendapat dukungan penuh dari puluhan ribu suporter Indonesia, Timnas U-19 sebetulnya tampil cukup bagus. Rachmat Irianto dan kawan-kawan memberikan perlawan ketat kepada Samurai Biru.

Namun efektivitas permainan Jepang membuat anak buah Indra Sjafri itu kecolongan dua gol. Gol pertama Jepang lahir di menit ke-40 lewat tendangan jarak jauh bek kiri Jepang S. Higashi. Skor 1-0 untuk keunggulan Jepang ini bertahan hingga turun minum.

Tertinggal 0-1, Timnas bermain lebih berani. Pressing ketat yang diberikan para pemain Timnas U-19 kepada setiap pemain Jepang sempat membuat lawan kewalahan.

Bahkan beberapa peluang emas didapatkan Timnas U-19. Sayang, mereka gagal mengonversinya menjadi gol.

Sebaliknya, Jepang yang bermain efektif kembali mengejutkan Garuda Nusantara. Melalui skema serangan yang mereka bangun dari bawah, Jepang berhasil menggandakan kedudukan menjadi 2-0.

Kali ini giliran Miyashiro yang membuat gawang Indonesia U-19 kembali bergetar di menit ke-70. Memanfaatkan umpan pelan di mulut gawang Merah Putih, Miyashiro yang masuk dari sisi tak terlihat melepaskan tembakan pelan yang melewati kiper M. Riyandi. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Jepang.

Tertinggal 0-2, Timnas Indonesia U-19 mencoba bangkit. Mereka terus melancarkan serangan ke pertahanan Jepang. Sayang, hingga laga berakhir, Timnas tak mampu menceploskan bola ke gawang Jepang.

Kegagalan ini pun memupus ambisi Timnas Indonesia untuk mengukir sejarah lolos ke Piala Dunia U-20 di Polandia yang berlangsung pada 23 Mei – 15 Juni 2019.

Sebaliknya, sukses Jepang menyingkirkan Indonesia membuat Samurai Biru memiliki dua keuntungan. Selain lolos ke Piala Dunia, Jepang juga memastikan satu tiket ke semifinal Piala AFC U-19. Jepang pun semakin dekat dengan upaya mereka mempertahankan gelar Piala AFC U-19 yang mereka dapatkan tahun lalu.(*)