Ini Pesan Gubernur Sulsel di Peringatan Sumpah Pemuda Ke-90 di Sulsel

oleh
oleh
Ini Pesan Gubernur Sulsel di Peringatan Sumpah Pemuda Ke-90 di Sulsel

MACCANEWS- Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 90 di Lapangan Upacara Rumah Jabatan Gubernur, Minggu (28/10/2018), berlangsung hikmat. Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang menjadi inspektur upacara mengatakan, seluruh masyarakat berhutang budi kepada para Pemuda Tahun 1928 yang telah mendeklarasikan sumpah pemuda. Sehingga, menjadi pelopor pemuda untuk membangun kesadaran bangsa Indonesia.

“Ini juga komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini,” kata Nurdin Abdullah.

Menurutnya, komitmen kebangsaan ini harus diteladani untuk membangun bangsa dan mempersatukan bangsa Indonesia. Hari Sumpah Pemuda tahun ini mengambil tema “Bangun Pemuda, Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa pada tuhan, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, berkebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam kerangka RI.

Pesatnya perkembangan teknologi informasi, disampaikan oleh NA ibarat dua mata pisau. Satu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi, sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam peningkatan sumber daya serta daya saing.

“Namun pada posisi lain, perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari hoaks, hate speech (ujaran kebencian), pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudah,” sebutnya.

Hal-hal tersebut akan masuk dengan mudah, jika kaum muda tidak membendung dengan ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara. Gerakan Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi dinilai amat relevan mewujudkan pemuda yang maju. Dengan ciri, pemuda berkarakter, berkapasitas, dan berdaya saing.

“Revolusi Mental menjadi pemicu terwujudnya pemuda yang maju dengan mewujudkan pemuda yang maju dapat menghasilkan bangsa yang hebat,” ujarnya.

Upacara tersebut turut dihadiri Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.