Pemkot Parepare Raih Penghargaan  STBM

oleh
oleh
Pemkot Parepare Raih Penghargaan  STBM

MACCANEWS — Kota Parepare meraih penghargaan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan RI.

Penghargaan diserahkan Menteri Kesehatan Dr dr Nila F Moeloek kepada Wali Kota Parepare, Dr HM Taufan Pawe di Auditorium Siwabessy Gedung Prof Sujudi Kemenkes RI, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, Kamis, (18/10/2018).

Daerah yang meraih anugerah adalah satu provinsi yakni Yogyakarta dan 23 kabupaten/ kota se-Indonesia, termasuk Parepare.

Anugerah bertajuk Eka Pratama itu menjadikan Parepare satu-satunya daerah di Sulawesi yang mendapatkan penghargaan tersebut.

Wali Kota Taufan Pawe mengungkap rasa syukur dan kebanggaannya usai menerima penghargaan ke-127 jelang lima tahun pemerintahannya.

“Alhamdulillah, terima kasih semua, kita kembali mendapat penghargaan dari Kemenkes sebagai Kota Sanitasi satu-satunya di Sulawesi,” kata Taufan Pawe usai menerima penghargaan.

Dinas Kesehatan Parepare, dr HM Yamin mengungkapkan, Parepare menjadi satu-satunya penerima anugerah STBM berkelanjutan di Pulau Sulawesi.

“lima indikator sehingga Parepare berhasil mendapatkan penghargaan itu, dan yang diraih ini adalah anugerah Eka Pratama, pilar pertama STBM. Parepare telah mencapai 100 persen akses ODF (open depecation free) dan pertama di Indonesia timur,” ujarnya.

Dr Yamin menambahkan, Indikatornya ada lima, dan harus menjadi pola pembiasaan bagi masyarakat. Yakni tidak buang air besar sembarangan, cuci tangan pakai sabun, pengelolaan air minum dan limbah rumah tangga, pengamanan sampah rumah tangga, dan pengamanan air limbah rumah tangga,” ujar dr Yamin.(jar)

No More Posts Available.

No more pages to load.