Sejumlah Daerah di Sulsel Raih Penghargaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2018

oleh
Sejumlah Daerah di Sulsel Raih Penghargaan Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Provinsi Sulsel Tahun 2018

MACCANEWS- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menggelar acara penyerahan piala, piagam dan hadiah lomba desa dan kelurahan di Hotel Four Point by Sheraton, Kamis (27/9). Penyerahan penghargaan diberikan langsung oleh Gubernur Sulsel Prof Nurdin Abdullah (NA).

NA berharap bagi peserta yang meraih juara, selain mendapat penghargaan. Para pemenang dan hasil serta hasil karya rancang bangun mereka untuk secara berkesinambungan dikembangkan dan dibina melalui pendampingan.

“Semua hasilnya ini dibuat pendampingan ahlinya, misalnya penyulingan air laut tadi. Sementara di negara maju ada hasil riset, itu terus diulang sampai hasilnya sempurna,” sebutnya.

Bagi Nurdin Abdullah, hasil inovasi harus didukung bahkan jika menjanjikan dan berpotensi untuk dikembangkan, seperti untuk teknologi tepat guna Pemprov dapat mendorong industri yang bisa menciptakan hal-hal yang bermanfaat.

“Nah itu menjadi hak paten mereka, tinggal menerima royalti, kalau sertifikat hanya dipegang saja, maka rangsangannya adalah mereka yang menciptakan sesuatu yang bermanfaat untuk orang banyak dihargai dalam bentuk nilai, misalnya mereka dapat 100 miliar, dia bisa kembangkan lagi, dia bisa bikin usaha skala besar,” sebutnya.

Adapun untuk Teknologi Tepat Guna (TTG) Juara 1 adalah Septian Suryo dengan inovasi teknologi puffer-mesin pengolah air laut menjadi air minum.

Juara 1 Lomba Desa, diraih oleh Desa Kambuno, Kecamatan Bukumpa, Kabupaten Bulukumba. Lomba Kelurahan Juara 1 diraih Kelurahan Sambung Jawa, Kecamatan Mamajang, Kota Makassar.

Untuk Lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Berpretasi, diraih BUMDesa, Lompulle, Desa Lompulle, Kecamatan Soppeng. Juara 1 Posyandu Kacang, Desa Tompo, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru.(*)

No More Posts Available.

No more pages to load.