Upacara Adat Sambut Walikota Makassar di Pesta Rakyat Kecamatan Tamalate

oleh
oleh
Upacara Adat Sambut Walikota Makassar di Pesta Rakyat Kecamatan Tamalate

MACCANEWS- Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan ‘Danny’ Pomanto disambut upacara adat saat menghadiri pesta adat dan malam seni budaya Dirgahayu Republik Indonesia ke 73 di Kecamatan Tamalate, Jumat, (24/8).

Begitu sampai di lokasi, rombongan Danny sapaan akrab wali kota langsung dijemput tari paddupa. Kemudian dipasangkan sebuah patonro merah, pengikat kepala lambang kebesaran suku Bugis-Makassar.

Rombongan lalu diarak puluhan pasukan bambu runcing dan pasukan tombak pusaka hingga ke tempat duduk yang telah disiapkan.

Selanjutnya juga diteruskan dengan tradisi ‘maggiri’ yakni proses sumpah setia sang prajurit kepada junjungannya dengan menghujamkan badik ke sekujur tubuh mereka. Mereka adalah simbol ‘tobarani’ (orang pemberani) yang menjadi perajurit penting zaman kejayaan kerajaan Bugis-Makassar.

Danny Pomanto yang didampingi Istri yang juga ketua TP PKK Makassar Indira Yusuf Ismail terlihat terkagum-kagum atas atraksi menegangkan oleh sanggar seni Abbulo Sibatang itu, diiringi sorak dan tepuk tangan penonton.

Kegiatan ini bertajuk, ‘kerja kita prestasi bangsa, untuk Makassar dua kali tambah baik.

Dalam sambutannya, Danny menyampaikan apresiasi tinggi atas semarak dan antusiasme mesyarakat, baik pada penyambutan hingga prosesi acara menyambut HUT RI itu berlangsung.

“Luar biasa penyambutannya, Tamalate memang merupakan daerah bersejarah dengan keberadaan sungai Jeneberang, dulu wilayah kerajaan Gowa pusatnya ada di Benteng Somba Opu. Wilayah ini sekarang menjadi kebanggaan kota Makassar karena menjaga adat,” ucapnya.

“Kita lihat tadi bate salapang menyampaikan sumpahnya. Mengingatkan kita masa kerajaan dulu. Saya tahu hal ini saat diberi tugas menaikkan rumah adat balla lompoa 3 meter di Benteng Somba Opu. Saya harap pasukan adat ini bisa ditampilkan di F8 nantinya mewakili kecamatan Tamalate,” tambahnya.

Selanjutnya, pada suasana hari kemerdekaan dan hari raya idul kurban ini Danny berharap agar dijadikan momen merefleksikan diri dan bercermin sebagai sebuah ukuran apa Makassar maju atau sebaliknya.

Danny mengatakan Makassar terakhir diberi penghargaan kota yang mampu menekan inflasi. Mengontrol harga menjadi indikator maju tidaknya kota ini. Ada 160 penghargaan lainnya juga telah didapatkan. Memang penghargaan itu, menurutnya bukan tujuan utama, tapi menjadi indikator bahwa sudah bekerja dengan baik.

Sebelumnya, tokoh masyarakat Jumail Mappiare juga menyampaikan apresiasi mewakili masyarakat untuk Danny Pomanto.

“Kemerdekaan kita rebut oleh kekompakan masyarakat dan kerajaannya, sama sekarang kekompakan RT/ RW membantu pemerintahan yang ada di era pak Danny Pomanto. Harapan kami masyarakat Tamalete tetap saudara kami Danny pomanto tetap melanjutkan di tahun 2020 nanti,” pungkasnya.

“Kedekatan masyarakat dengan pemerintah seperti di Era Danny yang kami butuhkan. Kami sudah bersatu dengan pemerintahan. Tidak akan luntur di hanti kami, tetap ingin dipimpin Pak Danny,” tuturnya lagi. (**)

No More Posts Available.

No more pages to load.