2,4 Juta Jamaah Haji Kemarin Berwuquf di Arafah

oleh
oleh
2,4 Juta Jamaah Haji Kemarin Berwuquf di Arafah

MACCANEWS- Jutaan jamaah Haji telah menyelesaikan inti dari ibadah Haji, yaitu Wuquf atau berdoa bersama hari Senin 20 Agustus 2018 kemarin di sekitar  Gunung Arafaf, Arab Saudi. Puncak ibadah Haji telah mereka jalani.

Para jamaah melakukan doa bersama untuk kekuatan pribadi di masa depan. Ini adalah bagian terpenting dari ziarah Haji, di mana khotbah  Haji disampaikan usai shalat Dhuhur dan hingga Ashar.

Tahun ini hampir 2,4 juta Muslim dari seluruh penjuru dunia menunaikan ibadah Haji. Mereka melakukan perjalanan dari Mekkah ke Arafah yang berjarak sekitar 20  kilometer, kemudian mulai Senin malam mereka meninggalkan Arafah menuju ke Mina yang juga berjarak 7 kilometer, melalui Musdhalifah untuk mengambil batu kerikil.

Mulai hari ini, Selasa 21 Agustus para jemaah telah menghuni perkemahan di Mina untuk melakukan Jumroh atau melempar togu yang jadi simbolisasi setan penggoda manusia. Setelah dua hari berturut-turut melakukan Jumroh, selesailah ritual ibadah haji.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan para jamaah, otoritas lalu lintas, personel keamanan dan staf dari berbagai organisasi pemerintah dan sektor swasta, bersama   4.000 polisi Arav Saudi, telah dikerahkan untuk membantu dan memandu para peziarah dalam beberapa bahasa.

Pemerintah kerajaan Arab Saudi telah memerintahkan pihak berwenang untuk memberikan lebih banyak kenyamanan, keamanan dan ketenangan bagi para peziarah untuk menyelesaikan ritual mereka.

Dari sekitar 2,4 juta jemaah haji dari seluruh dunia itu, 221 ribu diantaranya berasal dari Indonesia. Jumlah ini diperoleh setelah Indonesia mendapat tambahan kuota sebanyak 10 ribu jemaah dari yang seharusnya, yaitu 211 ribu jamaah. Tahun lalu jumlah jamaah haji Indonesia sesuai kuota yaitu 211 ribu. (*)