Semarak Hut RI Ke 73, Kepal DP2 kota Makassar Buka Nganre Juli Festival di Pattingaloang

oleh
oleh

MACCANEWS- Hari ini, tepatnya anggal 17 Agustus 2018, rakyat Indonesia merayakan 73 tahun kemerdekaannya. Selain menggelar upacara pengibaran bendera merah putih, berbagai macam kegiatan lainnya yang dilaksanakan masyarakat untuk memeriahkan hari kemerdekaannya.

Di kota Makassar, sala satu dari banyaknya kegiatan penyambutan Hari ulang tahun (Hut) di kota Makassar, yakni nganre juku festival  (festival makan ikan). Kegiatan tersebut di sponsori oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (DP2) Kota Makassar, PT Pertamina, BKKBN kota Makassar, Dinas Perpustakaan kota Makassar, Kombes, dan Pemerintah kecamatan Ujung Tanah kota Makassar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jl Barukang III, Kelurahan Pattingaloang, kecamatan Ujung Tanah. Daerah ini adalah daerah pesisir kota Makassar.

Selain nganre juku festival, beberapa kegiatan tambahan seperti penilaian lomba masak bagi ibu lanjut usia (lansia), lomba karoke dan joget ibu lansia.

Acara ini adalah agenda tahunan masyarkat Kelurahan Pattingaloang, kecamatan Ujung Tanah, yang dibuka langsung oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (DP2) Kota Makassar, Abd.Rahman Bando.

Ketua panitia yang juga pembina yayasan sosial Fatima Azahra, Nuraini kegiatan nganre juku festival adalah bukti jika masyarakat pesisir kota Makassar adalah masyarakat yang cerdas dan mandiri.

“Keikut sertakan lansia yang dinaungi oleh yayasan sosial Fatima Azahra adalah menggambarkan jika  adanya lansia pesisir kota Makassar yang kuat, dan mandiri. Wanita pesisir tidak pernah bergantung pada orang lain. Wanita lanjut usia ini sudah ada yang diatas seratus tahun. Di festival ini, semua masakan ini adalah hasil masakan dari lansia,” ujarnya.

Mewakili Walikota Makassar, Kepala DP2 kota Makassar dalam sambutannya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ngandre juku festival. Sebagai instansi terkait, Abd Rahman Bando merasa bersyukur kegiatan tersebut adalah upaya meningkatkan kesejahteraan para nelayan, dan para masyarakat pesisir di kota Makassar.

“Mewakili kota Makassar, saya sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan festival ini. Sebagai instansi terkait, saya sangat bangga dengan pelaksanaan kegiatan ini. Pemberdayaan nelayan memang harus terus ditingkatkan menuju kesejahteraan masyarakat pesisir,” sebutnya.

Bahkan, kepala DP2 kota Makassar itu mengapreriasi keikut sertaan PT Pertamina mendorong para kesejahteraan masyarakat pesisir di kota Makassar.

“Ke ikut sertakan Pertamina berperan dalam festival ini adalah bukti sala satunya BUMN yang memiliki kepedulian terhadap nelayan, dan masyarakat pesisir pada umumnya,” pungkasnya

Perwakilan PT Pertamina, pelaksana tugas kecamatan Ujung Tanah, para lurah sebagai kecamatan Ujung Tanah, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.