Wali Kota Makassar Bakal Memperkenalkan Miniatur New Balai Kota

oleh
Pergantian plt Sekda Makassar Tunggu Persetujuan PJ Gubernur

MACCANEWS-  Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto berencana akan memperkenalkan maket atau miniatur new balai kota ke masyarakat Makassar di hari Kemerdekaan Republik Indonesia, di Pelataran Anjungan Pantai Losari tepatnya, 17 Agustus mendatang.

Dimana Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar memang berencana akan membangun new balai kota di atas lahan seluas 3,3 hektar di Kawasan Center Point Of Indonesia (CPI), Jalan Metro Tanjung Bunga. Dimana desain pembangunannya diperoleh dari pemenang hasil sayembara yang diumumkan Desember 2017 lalu.

“New Balikota nanti kita launching 17 Agustus dari hasil sayembara, yang dilaunching itu maketnya. Temanya kado untuk rakyat, jadi setelah upacara dibukami kadonya, munculmi maketnya,” kata Danny saat menyambangi lokasi New Balaikota di kawasan CPI, Selasa (31/7/2018).

Bahkan, Danny mengayakan saat ini tengah berupaya mencari investor yang nantinya akan membangun proyek tersebut. Salah satunya dengan mengusulkan proyek tersebut ke Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia untuk dimasukkan dalam daftar rencana pinjaman/hibah luar negeri (buku biru).

“Kita tetap pakai sistem investasi, tidak ada anggaran dari APBD atau APBN,” katanya.

Lanjutnya, jika aset lahan seluas 3,3 hektar ini telah diserahkan maka dana hibah dari PT Ciputra Surya ke pemerintah kota bisa mencapai Rp16 trilun. Sehingga, nilai aset ini bisa menjadi jaminan kepada investor yang berminat membangun gedung new balai kota.

“Dari Rp16 triliun ini kalau bisa kita sertifikasikan kita bisa bangun gedung itu bisa menjadi jaminan. Namanya obligasi daerah, kita bangun dua, satu diambil dan kita juga ambil, kembali lagi jaminannya kita karena dia sudah dapat bangunan juga. 30 tahun kemudiam itu bisa menjadi milik kita lagi,” jelasnya. (*)