Terkait Transportasi Udara di Toraja, Pejabat Gubernur Bakal Menghadap ke Kemenhub

oleh
Terkait Transportasi Udara di Toraja, Pejabat Gubernur Bakal Menghadap ke Kemenhub

MACCANEWS- Pj Gubernur Sulsel, sangat mendukung rencana pemerintah kabupaten Toraja, untuk membuka kembali transportasi udara ke Toraja.

Bahkan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), bakal memberikan subsidi guna mendukung akses transportasi udara tersebut.

Rencana pemberian subsidi itu disampaikan langsung Pj Gubernur Sulsel Soni Sumarsono, saat melakukan kunjungan kerja di kabupaten Tana Toraja.

“Pemprov Sulsel mendukung dibukanya kembali akses transportasi udara dari Makassar ke Toraja. Sebagai bentuk dukungan itu, Pemprov Sulsel siap memberikan konstribusi bagi Toraja berupa subsidi ongkos angkut transportasi udara dari Makassar ke Toraja dan sebaliknya,” ujar Soni Sumarsono saat pertemuan tersebut Jumat, (20/07/2018).

Dia mengatakan, akses transportasi udara di Toraja secepatnya harus dibuka kembali. Saat ini, sudah ada maskapai penerbangan yang mau membuka jalur penerbangan dari Makassar-Toraja dan Toraja-Makassar. Hanya saja belum memiliki izin trayek penerbangan Makassar-Toraja dan sebaliknya.

Tugas Pj Gubernur Sulsel, kata Sumarsono akan akan meyakinkan Menteri Perhubungan untuk urusan trayek penerbangan dari dan ke Toraja.

“Transportasi udara mencakup dua kabupaten, yakni Tana Toraja dan Toraja Utara. Jadi, kewajiban Pemprov membantu tangani urusan transportasi udara Toraja. Karena pengurusan trayek penerbangan urusan pemerintah pusat, jadi saya akan menghadap Menhub dan mengawal sampai berhasil dibukanya transportasi udara di Toraja,” kata Sumarsono.

Bupati Tana Toraja, Nicodemus Biringkanae mengatakan, terbukanya akses transportasi udara sangat menunjang kemajuan pariwisata Toraja.