Siapa Pemilik Sepatu Emas Top Skorer Piala Dunia 2018?

oleh
Siapa Pemilik Sepatu Emas Top Skorer Piala Dunia 2018?

MACCANEWS-  Piala Dunia (PD) tinggal menyisakan satu pertandingan antara timnas Prancis vs Kroasia. Dari dua timnas itu belum bisa dipastikan siapa sebagai pemenang. Termasuk peraih sepatu emas.

Sejatinya, jika dilihat dari hasil pertandingan Belgia vs Inggris untuk memperebutkan petingkat 3-4 tak ada perubahan berarti dalam daftar pencetak gol terbanyak. Sejauh ini Sepatu Emas masih milik Harry Kane.

Meski Harry Kane tidak menambah koleksi golnya saat Inggris dikalahkan Belgia 0-2 di Saint Petersburg Stadium, Saint Petersburg, Sabtu (14/7/2018) semalam.

Itu artinya, Kane menyudahi Piala Dunia 2018 dengan koleksi enam gol saja. Kane sebagai striker jempolan yang berusia 24 tahun itu masih sendirian memimpin daftar top skorer dengan 6 golnya.

 Pesang terdekatnya, ada penyerang andalan Belgia yang saat ini main untuk Mancester United (MU) Romelu Lukaku.

Awalnya, Lukaku diprediksi akan menjadi penantang terbesar untuk Kane dengan empat golnya. Sayang, Lukaku ternyata itu pupus alias mandul di laga perebutan tempat ketiga. Ia tak mencetak satu pun gol untuk mengejar gol Kane dengan enam golnya.

Selain Lukaku, ada pemain top dan super start Cristiano Ronaldo asal Portugal dan Denis Cheryshev asal Rusia.

Artinya, kini ancaman tersisa untuk Kane tinggal dua orang penyerang Prancis yang tersisa, Antoine Griezmann yang main untuk Atletico Madrid dan pemain PSG Kylian Mbappe dengan masing-masing tiga golnya.  Meski Griezmann dan Mbappe masih punya satu pertandingan di partai puncak  melawan Kroasia pada hari ini Minggu, (15/7/2018) tapi tak mudah cetak tiga gol di partai final.

Griezmann dan Mbappe minimal harus mencetak trigol di gawang Kroasia. Dan ini bukan perkara mudah. Apalagi Kroasia tak pernah kemasukan lebih dari dua gol dalam satu laga di Piala Dunia 2018.

Kita tunggu saja siapa peraih gol terbanyak pada PD kali ini. Kane kah? Atau finalis Griezmann dan Mbappe? Menarik ditontok malam ini.

Dalam sejarah PD Just Fontaine masih pemegang rekor tersubur dalam daftar pemain satu musim gelaran piala dunia. Just Fontaine adalah pemain Prancis dengan sembilan gol (dalam 6 laga) di Piala Dunia 1958.

Adapun Grzegorz Lato (Polandia) menjadi top skor Piala Dunia 1974 dengan tujuh gol. Adapun dalam 10 edisi berikutnya gol tertinggi yang ditorehkan top skornya adalah maksimal 6 kecuali Ronaldo (Brasil) di tahun 2002 dengan 8 gol.

Sementara PD 2014, James Rodriguez saat itu masih main untuk tim Real Madrid (Spanyol) meraih 6 gol dalam 5 pertandingan dan berhak membawa pulang sepatu emas. Tapi sayang, negaranya hanya sampai di perempat final. (*)