Pj Gubernur Rancang Penelitian  Kemenangan Kolom Kosong di Pilkada Makassar

oleh
Pj Gubernur Rancang Penelitian  Kemenangan Kolom Kosong di Pilkada Makassar

MACCANEWS- Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Soni Sumarsono, menggagas dilakukannya penelitian tentang fenomena kemenangan kolom kosong pada Pilkada Makassar 2018.

Penelitian tersebut harus dengan perspektif akademik. Sehingga akan menjadi sebuah pembelajaran politik termasuk bagi para penentu kebijakan untuk menjadi landasan selanjutnya dalam pembuatan peraturan atau keputusan selanjutnya.

Gagasan Sumarsono tersebut diungkapkan saat menerima rombongan Rektor Universitas Negeri Makassar (UNM), Husain Syam dan rombongan di Ruang Kerja Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (26/7/2018).

Ketertarikan Sumarsono untuk melakukan penelitian dan membuat buku tentang fenomena kemenangan kolom kosong ini karena dinamika yang terjadi di dalamnya.

“Diantaranya, dinamika politik dan pembelajaran politik kita peroleh dari Pilkada Sulsel, khususnya Makassar. Di situkan banyak banyak dimensi edukasinya (lesson learn),” ujarnya.

Terutama, tentang variabel-variabel dan faktor yang memengaruhi kemenangan kolom kosong.

“Akan banyak kita dapatkan untuk kepentingan ilmu, ilmu yang diamalkan, namanya amal ilmiah, itulah buku,” harapnya.

Sementara itu, Rektor UNM mengatakan buku ini hadir dari sudut perspektif pendidikan politik, akademisi dan peneliti UNM.

“Tentu sesuai dengan teori. Inilah yang coba kita buat untuk menghadirkan pendidikan politik kepada masyarakat. Dan untuk memberikan perspektif khusus kepada Kota Makassar. Itu permintaan Pak Gubernur,” paparnya.

Husain Syam, menambahkan gagasan ini hadir dari pembicaraan lepas. Mengkaji sudut perspektif pendidikan politik, dengan memberikan sumbangan pikiran, karena terkadang ril fakta di lapangan berbeda dengan teori yang ada.

“Kalau bisa menulis-menulis pikiran tentang pendidikan di masyarakat dalam berpolitik. Saya bilang yang namanya orang ilmiah itu selalu bisa menangkap fenomena lapangan,” paparnya.

Mengenai kedatangannya, Husain mengatakan pihaknya mengundang Sumarsono untuk bisa memberikan arahan dan sambutan dalam rangka Dies Natalis UNM pada 1 Agustus mendatang. (*)