Penyambutan Kirab Obor Asean Games di Bulukumba Meriah

oleh
Penyambutan Kirab Obor Asean Games di Bulukumba Meriah

MACCANEWS- Kirab obor Asian Games 2018 berjalan meriah di anjungab patai Bira, Bulukumba. Sabtu (28/7/2018) malam tadi. Setelah di meriahkan Band ternama Indonesia, Adi Naff.

Setelah diterbangkan dari Sorong, Papua Barat. dan tiba kota Makassar Sabtu pagi tadi, api obor Asian Games langsung dibawa menuju Bulukumba untuk diarak keliling oleh tim kirab api obor Asian Games.

Ribuan warga dan para pelajar sekolah dengan seragam dan bendera merah putih, antusias menyambut pawai obor Asian Games di sepanjang jalan di Bulukumba.

Sebelumnya, Api obor di serahkan ke Bupati Bulukumba, Andi Muhammad Syukri Andi Sappe Wali di Masjid Islamic Center Dato Tiro (ICDT) sebelum dibawa oleh tim kirab ke Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Bonto Bahari sekitar pukul 17.30 WITA. Setiba di pelabuhan Bonto Bahari. Obor Api Asian Games disambut oleh ribuan warga.

Dengan menggunakan tiga perahu pinisi, dan didampingi 45 perahu kecil yang dilengkapi bendera negara peserta Asian Games 2018. Api obor berlayar dari PPI Bonto Bahari menuju Pantai Pasir Putih Tanjung Bira.

Aktor Mario Lawalata turut serta meramaikan kirab obor dengan membawa obor ke atas kapal pinisi. Selain itu, Kapal Pinisi telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO, badan PBB untuk pendidikan, keilmuan dan kebudayaan, sebagai salah satu warisan budaya dunia.

Setelah tiba di Pantai Bira, api abadi tersebut kembali di terima Bupati Bulukumba. Dalam sambutannya, Andi Syukri mengutarakan akan ikut serta dalam menyukseskan Asian Games Agustus mendatang.

“Ini sebuah kebanggan, kota bulukumba menjadi kita yang di lintasi Obor Asian Games, kami dan seluruh masyarakat bulukumba akan turut andil dalam menyukseskan Asian Games yang akan di laksanakan di Jakarta dan Palembang pada 18 hingga 2 Oktiber mendatang,” tuturnya.

Setelah di arak ke mota bulukumba, Obor Asian Games 2018 lansung menuju ke kota Makassar, Minggu (29/7/2018) esok. Setiba di Ibu Kota Sulsel tersebut. Api abadi akan di arak ke sepulih tempat yang ada di kota Makassar. (**)