Jumlah DPS dan TPS di Sulsel Meningkatkan Untuk Pilpres 2019

oleh
KPU Sulsel Agendakan Penetapan Gubernur Terpilih

MACCANEWS- Daftar Pemilih Sementara (DPS) Sulsel untuk pemilihan presiden (pilpres) 2019 mengalami penambahan sebanyak 143.947 orang, jika dibandingkan dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pilgub.

DPT Pilgub Sulsel lalu berjumlah 6.022.987, sedangkan pada DPS pilpres 2019 menjadi 6.166.934 orang. Jumlah DPS tersebut merupakan akumulasi jumlah DPT pilgub dan penambahan pemilih pemula, yang menjadi wajib pilih pada 2019

Komisioner Divisi Hubungan Masyarakat, Data Informasi, dan Hubungan antar Lembaga, Uslimin menjelaskan, data tersebut, masih bersifat sementara, mengingat masih ada data pemilih yang harus diperbaiki.

DPS ini juga, nantinya masih akan ditambah dengan data pemilih tambahan (DPTB) Pilgub Sulsel lalu yang datang memilih.

“Tapi DPTB ini oleh teman-teman di kabupaten/kota kita minta bersihkan dulu. Jangan sampai pemilih yang ada di DPTB ini ada dalam DPT. Bisa saja,” kata Uslimin, Senin (16/7/2018).

Uslimin menjelaskan, saat ini sudah memasuki tahapan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS). Dijadwalkan, proses perbaikan DPS akan selesai 22 Agustus mendatang.

Menurutnya, penetapan DPSHP (DPS Hasil Perbaikan) tanggal 22 Juli, di tingkat kabupaten/kota. Penyampaian hasil penetapan dan rekapitulasi DPT ke KPU Provinsi 22 Agustus. “Itu sudah ada nanti DPT, itu tahapan,” imbuhnya.

Tak hanya pemilih yang akan meningkat, tapi juga jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS). Jika pada Pilgub Sulsel lalu hanya ada 17.140, maka pada Pemilu 2019 nanti meningkat menjadi 26.143 TPS.

Menurut Uslimin, TPS nantinya, hanya akan diisi 300 pemilih. “Naik, pasti. Kenapa naik, TPS di Pilgub Sulsel maksimal 800 pemilih. Tapi di Pemilu maksimal 300 pemilih. Karena nanti akan ada 5 surat suara yang dihitung. 5 kali 300, bisa 1.500 surat suara,” ungkap Uslimin.

Lima surat suara yang dimaksud Uslimin adalah surat suara Pemilihan Presiden, Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, dan DPRD kabupaten/kota. (*)