Jika Ada Keluhan Layanan Publik di SKPD? Kabag Humas Makassar: Lapor SODARATA’

oleh
oleh
Jika Ada Keluhan Layanan Publik di SKPD? Kabag Humas Makassar: Lapor SODARATA’

MACCANEWS- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar  bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RAB) melaunching Gerakan Serempak Nasional Sadar Lapor, Minggu (15/7/18) di Anjungan City of Makassar Kota Makassar.

Menurut Analis Kebijakan Publik Menpan RB RI, Suwardi, tujuan kegiatan ini untuk mempromosikan, mensosialisasikan serta mengedukasi masyarakat bahwa pemerintah saat ini telah hadir lebih dekat.

Melalui sistem pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional dengan aplikasi lapor.

“Setelah masyarakat mengenal LAPOR, diharapkan juga memanfaatkan kanal ini untuk melakukan pengaduan,” ujarnya.

Dalam kegiatan yang sama, SODARATA’ juga turut disosialisasikan dalam acara pagi ini.

Kabag Humas Pemkot Makassar, Firman Hamid Paggara menambahkan, program SODARATA’ ini lahir karena kebutuhan masyarakat untuk memberikan aduan masyarakat kepada pelayan publik yang ada di Kota Makassar.

Sejauh ini, kata Firman, program aduan yang sudah terlaksana setiap harinya melalui media cetak, media online dan pengaduan langsung.

“Tujuan dari SODARATA’ untuk lebih meningkatkan pelayanan publik sebagai sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas,” ungkap Firman.

Selain itu masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan dengan melalui mobile apps SODARATA’ (Sombere’ Pengaduan Masyarakatta’), laporan yang masuk akan segera diteruskan dan ditindak lanjuti oleh SKPD terkait.

Selain Kota Makassar, kegiatan sadar lapor ini juga telah disosialisasikan di beberapa kota seperti Jakarta, Cirebon, Bandung, Palembang dan Banjarmasin. (*)

No More Posts Available.

No more pages to load.