Ini Tantangan Bagi Calon Komisioner Bawaslu

oleh
Ini Tantangan Bagi Calon Komisioner Bawaslu

MACCANEWS- Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulsel mengingatkan calon komisioner bawaslu tentang tantangan yang cukup kompleks menghadapi Pemilu 2019.

Komisioner Bawaslu Sulsel, Saiful Jihad, berharap hasil seleksi calon komisioner Bawaslu 24 Kabupaten/kota betul-betul bisa menghasilkan kandidat terbaik.

“Tantangan selanjutnya akan cukup berat bagi teman-teman pengawas nantinya. Apalagi, sesuai UU No 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, pelanggaran yang sifatnya administratif diadili dan diputuskan oleh Bawaslu kabupaten/kota,” ujarnya Selasa (17/7/2018) malam.

Kandidat komisioner bawaslu kabupaten/kota yang terpilih nantinya harus memiliki 3 hal, yakni integritas, pengetahuan tentang aturan-aturan kepemiluan, dan keinginan tinggi untuk melakukan pencegahan terhadap segala bentuk pelanggaran Pemilu.

“Buat apa hebat, jika tidak memiliki integritas itu akan melahirkan ketidak percayaan dari masyarakat. Kedua, dia harus paham aturan kepemiluan. Bagaimana mengawal Pemilu yang baik,” beber Saiful.

“Kedepan, kita ingin mengedepankan pencegahan, bagaimana supaya proses Pilkada berjalan baik, adalah dengan cara mencegah sedini mungkin terjadinya pelanggaran. Ini yang dibutuhkan, sosialisasi ke masyarakat, karena biasanya melanggar karena tidak tahu,” sambung Saiful.

Menurut Saiful, Bawaslu saat ini punya Pekerjaan Rumah (PR) untuk meningkatkan partisipasi masyarakt untuk ikut serta mengawasi proses demokrasi dengan baik. Dan maayarakat, kata dia harus dicerdaskan, bahwa demokrasi adalah tanggung jawab bersama. (*)