Di Tahun 2019, Jokowi Target Pembangunan Bendungan Paselloreng Wajo Rampung

oleh
Di Tahun 2019, Jokowi Target Pembangunan Bendungan Paselloreng Wajo Rampung

MACCANEWS- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memantau langsung pembangunan Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (3/07/2018).

Pantauan SINDOnews, Presiden Jokowi didampingi istrinya Iriana dan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono tiba di lokasi Bendungan Paselloreng sekitar pukul 10.35 Wita setelah mengunjungi lokasi penerapan program padat karya di Kelurahan Mappadaelo, Kecamatan Tanasitolo, Kabupaten Wajo.

Di lokasi Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Jokowi langsung mengecek proyek tersebut yang sudah mencapai 73 persen pekerjaannya.

Dalam pidatonya, Jokowi mengukap, bahwa Bendungan Paselloreng akan mengaliri lahan pertanian sekitar 7.000 hektare sawah milik warga sekitar.

“Ini bendungan yang sangat besar karena ada 365 hektar tanah milik negara, kemudian ditambah dengan pembebasan lahan kurang lebih 1.800 hektar milik masyakat,” kata Jokowi.

Lanjut Jokowi, mengatakan, untuk pembayaran pembebasan lahan kurang lebih 1.800 hektar milik warga itu, di bulan Oktober mendatang akan selesai.

Jokowi berharap Bendungan yang dibangun ini dapat menunjang dan mewujudkan swasembada pangan di Indonesia dan mengantisipasi banjir khususnya di Kabupaten Wajo.

“Bendungan Passeloreng ini adalah bagian dari 49 bendungan baru yang dibangun. Pembangunan ini dimulai pada 1 Juni 2015 lalu dan ditargetkan selesai pada awal 2019 mendatang,” jelasnya.

Sekedar diketahui, Bendungan Paselloreng di Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo ini, nilai kontraknya sebesar Rp 701 miliar dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa.

Bendungan yang cukup besar ini memiliki daya tampung 138 meter kubik yang akan mengairi irigasi seluas 7.000 hektar, serta air baku 305 liter per detik. Tidak hanya itu, bandungan ini juga dapat mengurangi banjir di Kabupaten Wajo. (*)