“De’Polic Indonesia” Hadir Membangun Pendidikan Demokrasi Politik

oleh
“De’Polic Indonesia” Hadir Membangun Pendidikan Demokrasi Politik

MACCANEWS- Perkumpulan Democracy Political Public Of Indonesia atau De’Polic Indonesia sore hari ini telah melaksakan temu pengurus nasional di salah satu warkop daerah pengayoman.

Perkumpulan De’Polic lndonesia yang lahir pada 2016 dan berkedudukan di makassar adalah merupakan sebuah wadah yang concern untuk membangun pendidikan demokrasi politik, termasuk mengawal kebijakan pemerintah dan fokus mengkaji issu-issu strategis yang sedang berkembang di tengah masyarakat. bertempat di warkop malewa, hadir Ketua Badan Pengurus Perkumpulan Anirwan dan juga Ketua Umum Pengurus Nasional perkumpulan Renny Puteri Harapan Rani Rasyid.

sekitar 20 orang pengurus hadir berkumpul dari berbagai kalangan yakni akademisi dan organisatoris, nampak sangat antusias menyimak penyampaian dari Ketua Badan Perkumpulan dan Ketua Umum Pengurus Nasional dalam diskusi, sharing opinion terkait orientasi perkumpulan dan menentukan arah langkah perkumpulan De’Polic ke depan menyongsong tahun pemilu mendatang.

De’Polic hadir dengan nuansa berbeda, yakni dengan sebuah visi bagaimana menciptakan ruang afiliasi yang luas terhadap publik dari segi aspek politik dan kebijakan pemerintah yang menempatkan kepentingan dan aspirasi masyarakat sebagai sebuah fokus penting untuk dijawab oleh semua pihak terutama bagi para elit birokrasi dan elit politik termasuk oleh para cendekiawan agama. bahwa pada setiap kontestasi pemilu dan pilkada dalam berbagai tingkatan, harus mengindahkan aspek-aspek kebutuhan publik sebagai parameter utama sehingga program-program yang disiapkan memang yang menjawab kebutuhan masyarakat.

politik transaksional memang menjadi fakta dari realitas yang berkembang selama ini, tetapi kondisi tersebut dapat berubah seiring dengan pergeseran paradigma masyarakat yang kita harapkan ke depannya, dan De’Polic siap mengambil peran melalui program yang disiapkan dengan fokus memberikan edukasi politik, pencerahan agar masyarakat dapat semakin terbentuk menjadi pemilih cerdas sehingga ikut berperan aktif ke depannya menentukan kriteria figur yang ideal seorang pemimpin.

hak-hak politik dan pencerahan tentang bagaimana berdemokrasi dengan ciri keindonesiaan harus tersampaikan kepada masyarakat. saat ini perkumpulan De’Polic telah terbentuk kepengurusannya secara nasional. Tingginya animo dan respon dari teman-teman di daerah lain, membuat De’Polic tidak hanya akan terbentuk secara nasional, tetapi juga kepengurusan di provinsi sampai di tingkat daerah, seperti kab. gowa, kab. bulukumba, kab. wajo bahkan kepengurusan De’Polic di morowali dan provinsi sulawesi tenggara akan segera terbentuk.

“kami berharap De’Polic dapat diterima dengan baik di indonesia dan dapat bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat, ” demikian penuturan ketua umum. (*)