Balai Ainun Habibie Bakal jadi Pusat Ole-ole Kas Parepare

oleh
Balai Ainun Habibie Bakal jadi Pusat Ole-ole Kas Parepare

MACCANEWS- Lantai dasar Balai Ainun Habibie bakal disulap menjadi pusat perbelanjaan ole-ole kas Kota Parepare. Rencana ini merupakan inisiatif Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Parepare, Erna Rasyid Taufan. Menyusul masih minimnya pusat perbelanjaan ole-ole di kota Habibie tersebut.

Apalagi saat ini Parepare makin dilirik sebagai tempat berlibur dan persinggahan masyarakat Sulsel khususnya. Disamping itu, rencana tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf perekonomian masyarakat utamanya penghasil kerajinan tangan dan makanan kas Parepare.

“Kami berharap masyarakat yang ingin produknya dipasarkan, dapat segera memasukkan produknya yang telah dipatenkan untuk dijual, baik itu melalui organisasi PKK, dekranasda atau individu,” ujar Erna, Minggu (15/7/2018).

Sementara Sekretaris Dekranasda Parepare Andi Rostina mengatakan, untuk produk yang dimasukkan guna dipasarkan, selain hasil kerajinan tangan seperti hiasan berbahan baku kerang, juga berupa berbagai macam panganan jadi seperti olahan jambu mente, roti mantau, baje canggoreng, kacipo dan berbagai panganan khas Parepare lainnya. Serta kerajinan tangan khas lainnya.

“Ini juga sebagai upaya pemerintah membuka peluang ekonomi bagi masyarakat pengrajin agar memiliki wadah untuk memasarkan hasil kerajinan tangan yang diproduksi,” katanya.

Sekadar diketahui, Balai Ainun merupakan salah satu persembahan Pemkot Parepare sebagai penghargaan terhadap mantan presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie beserta istrinya Ainun Asri Habibie.

Balai ini dibangun berlantai tiga dengan menelan anggaran kurang lebih Rp5 miliar yang dibangun di atas lahan eks Gedung Organisasi Wanita Indonesia (Gowani) di Jalan Andi Isa, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung. (*)