Antisipasi Pernikahan Dini, Ratusan Dinas PPKB Gelar Orientasi SSK Bagi Pelajar

oleh
Antisipasi Pernikahan Dini, Ratusan Dinas PPKB Gelar Orientasi SSK Bagi Pelajar

MACCANEWS-  Ratusan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP), mengikuti orientasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) yang diselenggarakan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kota Makassar, di Hotel Celebes Indah, Jalan Gunung Latimojong, Selasa (24/7/2018).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Kota Makassar, Daniel Pakambanan di dampingi oleh Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB, Muhammad Ramli mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh tiga sekolah yang berbeda. Tujuannya, memberikan pemahaman kepada pelajar terhadap dasar-dasar kependudukan, khususnya mencegah pernikahan usia dini.

“Jadi kita memberikan pemahaman bagaimana pengendalian penduduk, program keluarga berencana, kesehatan reproduksi. Jadi, intinya bagaimana memberitahu para siswa untuk menunda usia perkawinan dini,” ujar Ramli.

Menurut dia, para pelajar sangat penting untuk memahami pentingnya mencegah pernikahan usia dini. Pasalnya, saat ini fenomenan menikah di bawah umur marak terjadi di Indonesia, sehingga penting dilakukan sosialisasi seperti ini.

“Anak-anak di SMP inikan belum mengetahui pendewasaan usia pernikahan, kesehatan reproduksi, umur berapa idealnya kita menikah sehingga perencanaan keluarga itu kuat,” ujarnya.

Kegiatan ini, kata Ramli dilakukan selama empat hari dengan menghadirkan peserta dari sekolah yang berbeda-beda. Harapannya, dengan kegiatan ini para pelajar bisa memikirkan dengan matang sebelum memutuskan untuk menikah. (*)