50 Tahun BPJS Kesehatan Bulukumba Diserahkan Donasi JKN-KIS dan Penghargaan Kepada Faskes Pelayanan Terbaik

oleh
50 BPJS Kesehatan Bululumba Diserahkan Donasi JKN-KIS dan Penghargaan Kepada Faskes Pelayanan Terbaik

MACCANEWS.- Sebagai satu Badan Pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, BPJS Kesehatan di usianya yang ke 50 tahun pada tanggal 15 Juli 2018, senantiasa memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS.

Sebagai salah satu bentuk rasa syukur, berbagai rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT Emas BPJS Kesehatan, mulai kegiatan BPJS Kesehatan acara syukuran dan berbagi, executive frontliner.

Minggu (15/7) pagi tadi Kepala BPJS Kesehatan Bulukumba Diah Eka Riny tampil sebagai Inspektur upacara pada upacara bendera yang digelar di halaman kantor BPJS Kesehatan Bululumba, sekaligus membacakan sambutan seragam Direktur BPJS. Ko

Selanjutnya digelar acara syukuran peringatan HUT ke 50 tahu BPJS Kesehatan dihadiri Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto, Kadis Kesehatan dr.H.Abd.Gaffar, Direktur RSUD HA Sulthan Dg Radja dr.H.Abdurrajab, sejumlah Kepala Puskesmas dan stakeholders terkait.

Dalam 50 tahun perjalananannya, BPJS Kesehatan khususnya di Bulukumba telah mencapai kondisi dimana masyarakat Bulukumba yang telah terdaftar sebagai Peserta JKN-KIS sampai bulan Juni 2018 sudah mencapai 75,1% yakni 324.721 jiwa dari 432.141 jiwa penduduk Kabupaten Bulukumba.

Dari data tersebut, masih terdapat 107.420 jiwa penduduk yang belum mendaftar menjadi Peserta JKN-KIS. Untuk itu seperti disampaikan Kepala BPJS Cabang Bulukumba Diah Eka Riny, berbagai upaya telah dilakukan untuk mengajak masyarakat Bulukumba mendaftar JKN-KIS sebelum sakit dengan upaya sebagai berikut, Membuka pendaftaran BPJS Kesehatan melalui Dropbox yang dikelola oleh PIC Kecamatan yang ditunjuk.

Kemudian melakukan sosialisasi dan membuka pendaftaran ke desa-desa. Kunjungan langsung ke badan usaha di wilayah Kabupaten Bulukumba untuk mengajak pemilik badan usaha mendaftarkan pekerjanya.

Selanjutnya kerjasama dengan Dinas Penanaman Modal dan PTSP membuka, loket pendaftaran Badan Usaha di Kantor Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Kerjasama dengan Perguruan Tinggi mendaftarkan mahasiswanya yang belum mendaftar JKN-KIS dan Kerjasama dengan badan usaha atau perusahaan untuk Donasi JKN-KIS.
Khusus Program Donasi JKN-KIS sendiri merupakan program yang melibatkan partisipasi masyarakat secara perorangan, Badan Usaha, Lembaga atau Badan lainnya yang bertujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat di lingkungannya melalui keluarga yang membutuhkan uluran tangan untuk didaftarkan dan dibayarkan iurannya sebagai peserta JKN-KIS. Pada tahun 2017.

” Saat ini sudah ada 2 Badan Usaha yang berpartisipasi dalam Donasi JKN-KIS, yaitu KSP Berkat sebanyak 51 peserta dan PT Bank Negara Indonesia sebanyak 50 peserta,” jelas Diah Eka Riny.

Selanjutnya masih kata Diah, di tahun 2018 ini, sudah ada 3 Badan Usaha yang telah berpartisipasi dalam Donasi JKN-KIS, yakni Klinik Spesialis Nurul Bulukumba, Yuni Optikal Bulukumba, dan Optik Global Jeneponto yang masing-masing akan membayarkan iuran untuk 50 Peserta.

Dan penyerahan donasi JKN-KIS tersebut dilakukan di Kantor Cabang Bulukumba oleh Wakil Bupati Bulukumba, Tomy Satria Yulianto kepada perwakilan peserta Donasi berasal dari Panti Asuhan Ihyahun Nufus Bulukumba, atas nama:l
1. Fitriani berusia 24 tahun
2. Ramlah berusia 26 tahun
3. Sukmawati berusia 15 tahun.
4. Adam Arham berusia 15 tahun
5. Muh Arasy Irham berusia 10 tahun.

Peserta tersebut dibiayai iuran BPJS Kesehatannya selama 1 tahun, terhitung sejak tanggal 1 Juli 2018 sampai 30 Juni 2019 dan mendapatkan hak kelas perawatan di kelas 3. Selain itu, dalam acara Syukuran Peringatan HUT BPJS Kesehatan ini, BPJS Kesehatan juga memberikan Award kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama Pemerintah dan Swasta yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada Peserta JKN-KIS. Penghargaan tersebut diberikan kepada Puskesmas Caile dan Dokter Praktik Pratama Dr. Hj. Sitti Nurbaya, M.Kes.

Acara penyerahan donasi, award, dan tasyakuran tersebut turut dihadiri puluhan pejabat termasuk
Direktur RSUD Andi Sulthan Dg. Radja, PT POS (Persero), Perbankan, serta 12 Puskesmas, dan Dokter Praktik Pratama yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.- (edy).-